1.611 Personel Gabungan Dikerahkan Kawal Aksi Demo BEM SI Hari Ini

Sebanyak 1.611 personel gabungan dikerahkan untuk mengamankan aksi demo mahasiswa di sekitar Patung Kuda Arjuna Wiwaha, Jakarta Pusat, Jumat (20/10) ini.

Aksi demo itu diketahui digelar oleh Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI) salah satunya dalam rangka merespons putusan Mahkamah Konstitusi (MK).

“Kami akan menerjunkan pasukan dalam aksi penyampaian aspirasi teman-teman mahasiswa siang ini berjumlah 1.611 yang terdiri dari Polda Metro Jaya, Polres Metro Jakarta Pusat dengan di-back up penuh oleh rekan-rekan TNI dan dari Pemprov DKI Jakarta,” kata Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Susatyo Purnomo Condro dalam keterangannya.

Dalam pengamanan ini, kata Susatyo, pihaknya akan menempatkan para personel di sejumlah titik. Namun, lokasi yang menjadi fokus pengamanan yakni Jalan Jenderal Sudirman, sekitar Patung Kuda dan Jalan Medan Merdeka Selatan.

“Kami siap mengamankan aksi ini agar berjalan tertib, damai dan tidak mengorbankan kepentingan masyarakat luas,” ucap Susatyo.

Lebih lanjut, Susatyo berharap aksi demo mahasiswa ini bisa berjalan dengan tertib dan dilakukan sesuai dengan aturan yang berlaku.

“Semoga aksi ini berjalan dengan tertib dan lancar dan mematuhi batasan waktu sesuai dengan aturan Undang – Undang yang berlaku,” kata dia.

Terpisah, Kompol Gomos Simamora menyampaikan pihaknya juga menyiapkan rekayasa lalu lintas guna mengantisipasi kemacetan imbas aksi demo.

“Yang sudah ditutup dari Patung Kuda arah Istana, dialihkan ke Jalan Merdeka Selatan,” ujarnya.

Sementara itu, dalam undangan aksi demo yang beredar, unjuk rasa ini digelar sebagai bentuk respons atas putusan MK yang dinilai dapat melanggengkan praktik Korupsi-Kolusi-Nepotisme (KKN).

“Aksi ini juga bertepatan dengan momentum 9 tahun Jokowi menjabat sebagai Presiden. BEM SI berpandangan bahwa Jokowi telah mengkhianati reformasi. Terbukti dari berbagai kemunduran dan kebobrokan dari segi Hukum, HAM, Komersialisasi Pendidikan, Represifitas Aparat, Konflik Agraria, dan Investasi Yang Membelakangi hak-hak rakyat,” demikian tertulis dalam undangan yang beredar.

Disampaikan pula, aksi ini diperkirakan akan diikuti setidaknya 5.000 orang yang tergabung dalam BEM SI, elemen masyarakat, termasuk mantan aktivis 98.

Selain aksi demo BEM SI, pada Jumat siang ini pun diketahui ada aksi dari massa lain terkait Palestina di depan kantor urusan PBB dan Kedubes AS di Jakarta.

 

 

 

 

 

 

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar : JPNN.com

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *