Ke Riyadh, Jokowi Temui MbS hingga Teken 4 Kerja Sama RI-Saudi

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) bertemu dengan pemimpin de facto Arab Saudi, Putra Mahkota Mohammed bin Salman al-Saud (MbS) dalam kunjungan kerja (kunker) hari keduanya di Riyadh, Kamis (19/10).

Jokowi bertemu dengan Pangeran MbS di Istana Al-Yamamah, Riyadh pada Kamis (19/10) sekitar pukul 14.00 waktu setempat. Saat menuju Istana Al-Yamamah, Jokowi didampingi Menteri Perdagangan Arab Saudi Majid bin Abdullah Al-Kassabi.

Dalam pertemuan itu, Jokowi dan MbS menyaksikan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) dan kerja sama.

Pertama, Perjanjian Dewan Koordinasi Tertinggi Saudi-Indonesia yang ditandatangani oleh Menteri Luar Negeri Saudi, Pangeran Faisal bin Farhan bin Abdullah dan Menlu RI Retno Marsudi.

Kedua, nota kesepahaman kerja sama dalam bidang pemuda dan olahraga yang ditandatangani Menteri Pemuda dan Olahraga Saudi, Pangeran Abdulaziz bin Turki bin Faisal bin Abdulaziz dan Mempora RI Ario Bimo Nandito.

Kerja sama ketiga yakni kolaborasi teknis di berbagai bidang standardisasi yang diteken oleh Menteri Perdagangan Saudi Majid bin Abdullah Al-Qasabi dan Menlu Retno.

Keempat, nota kesepahaman kerja sama dalam menjamin kualitas produk halal yang ditandatangani oleh CEO Otoritas Makanan dan Obat-obatan Saudi, Hisham bin Saad Al-Jadhaie, dan CEO Badan Penjaminan Produk Halal Bapak Muhammad Aqeel Arham.

Dalam kunjungan itu, Jokowi juga menyambut baik hubungan Indonesia dan Saudi yang terjalin kian erat. Jakarta-Riyadh juga setuju membentuk Dewan Koordinasi Tertinggi Indonesia-Arab Saudi untuk memperkuat hubungan kerja sama kedua negara.

“Karena memang di tengah situasi dunia yang makin terbelah, persahabatan seperti yang dibangun dua negara kita makin diperlukan,” kata Jokowi ketika bertemu dengan Pangeran Mohammed bin Salman al-Saud di Istana Al-Yamamah.

 

 

 

 

 

 

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar : Berita Baru

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *