Korban Tewas Banjir Korea Selatan Bertambah Jadi 49 Orang

Tambahan empat jenazah telah ditemukan dari terowongan bawah tanah yang terendam banjir di Korea Selatan, menjadikan jumlah korban tewas atau hilang dalam bencana terkait hujan deras di negara tersebut menjadi 49 orang, menurut keterangan sejumlah pejabat pada Senin, 17 Juli 2023.

Terowongan underpass Osong di pusat kota Cheongju tergenang banjir sepenuhnya pada Sabtu kemarin. Air berasal dari luapan sungai terdekat, setelah robohnya tanggul akibat kenaikan permukaan air di tengah guyuran hujan deras.

Sebanyak 15 kendaraan, termasuk sebuah bus, terperangkap di bawah air di dalam terowongan tersebut.

Dilansir dari laman Yonhap News Agency, empat jenazah ditemukan lagi semalam, sehingga jumlah korban tewas menjadi 13.

Secara nasional, 39 orang, termasuk 19 di provinsi tenggara Gyeongsang Utara, dilaporkan tewas setelah hujan deras yang melanda Korsel sejak pekan lalu, menurut data Markas Pusat Penanggulangan Bencana dan Keselamatan.

Hingga pukul 06.00 waktu setempat, sembilan orang masih dinyatakan hilang, termasuk delapan di Provinsi Gyeongsang Utara, dengan 34 lainnya dilaporkan terluka.

Korban bisa bertambah karena tim penyelamat melanjutkan operasi untuk mengeringkan dan mencari underpass yang banjir, di mana lebih dari 10 kendaraan diyakini terendam. Di seantero negeri, 10.570 orang mengungsi dari rumah mereka karena kerusakan akibat hujan, menurut kantor tersebut.

Hujan deras juga merusak 628 fasilitas umum dan 317 properti pribadi lainnya, termasuk 146 jalan yang roboh atau hanyut, dan 139 rumah warga dilaporkan terendam banjir.

Sebanyak 28.607 rumah tangga di seantero Korea Selatan telah kehilangan aliran listrik akibat hujan deras. Listrik dikabarkan mulai kembali berfungsi di sebagian besar rumah tangga tersebut pada hari Senin ini.

Menurut Markas Pusat Penanggulangan Bencana dan Keselamatan, lebih dari 500 milimeter hujan telah mengguyur daerah tengah dan bawah Korsel sejak 9 Juli, termasuk 626 mm di Gongju, Provinsi Chungcheong Selatan, 614 mm di daerah terdekat Cheongyang, 580 mm di pusat kota Sejong dan 522 mm di Mungyeong, Provinsi Gyeongsang Utara.

Peringatan hujan deras diberlakukan untuk provinsi Chungcheong, wilayah selatan dan Pulau Jeju pada Senin pagi, dan badan cuaca mengatakan provinsi Jeolla dan daerah sekitarnya mungkin mengalami hujan lebih lanjut hingga 40 mm per jam.

Sepanjang Selasa besok, diperkirakan curah hujan akan mencapai 200 mm di wilayah Chungcheong dan selatan, dan antara 10 mm hingga 100 mm untuk wilayah lainnya.

 

 

 

 

Sumber : medcom.id
Gambar : Detak.com

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *