Radja Laporkan dunia MANJI Soal Konten Kisruh Lagu Cinderella

Band Radja melaporkan akun YouTube milik Anji, dunia MANJI, ke kepolisian dengan tudingan pencemaran nama baik usai akun itu menayangkan wawancara terkait polemik lagu Cinderella yang dibawakan oleh Radja.

Diberitakan detikHot, Senin (14/8), Radja menggandeng pengacara Sunan Kalijaga sebagai kuasa hukum. Mereka pun mendatangi Polda Metro untuk melaporkan akun tersebut.

“Kami melaporkan adanya dugaan pencemaran nama baik melalui salah satu akun YouTube yang membuat Radja tercemar bahkan diboikot, dihina, dimaki oleh masyarakat yang tidak tahu apa sih yang sebenarnya terjadi,” kata Sunan.

“Yang kami laporkan di sini akun YouTube dunia MANJI. Kami melaporkan YouTube dunia MANJI karena di sinilah asal muasal atau pangkalnya kegaduhan yang terjadi yang menyebabkan klien kami, band Radja, diboikot dan dirugikan,” lanjutnya.

Dalam video yang dirilis pada 4 Agustus 2023, Radja dituding melakukan klaim palsu atas penciptaan lagu Cinderella yang populer pada 2004. Lagu tersebut dituding bukan ditulis oleh Ian Kasela seperti yang selama ini diketahui.

Anji mengundang Ipay atau Rival Bayu, yang mengklaim sebagai pencipta asli lagu Cinderella. Ipay menyebut lagu itu sudah ia buat dan garap bersama bandnya sejak 1996.

Hingga kemudian, Ian Kasela disebut Ipay meminta izin “meminjam” lagu tersebut pada awal 2000-an dengan Ipay memberi syarat sebuah kontrak.

Ipay menyebut kontrak tersebut tak pernah datang, tapi Radja sudah merilisnya dengan embel-embel nama Ian Kasela pada bagian pencipta. Lagu itu pertama kali dirilis Radja untuk album kedua, Manusia Biasa, yang rilis pada 2003.

Kemudian lagu Cinderella dirilis ulang di album ketiga Radja, Langkah Baru, pada 2004. Pada album ini, nama pencipta lagu Cinderella masih tercantum Ipay dan Ian Kasela.

Dalam pengakuan kepada Anji, Ipay mengklaim bahwa Moldy yang juga gitaris dan kakak Ian Kasela, sebagai orang yang pernah melihat dan mendengar lagu Cinderella sejak awal Ipay menggarap lagu itu di studio.

Ipay menyebut tidak kenal dan tidak pernah bertemu dengan Ian Kasela sejak awal, hanya Moldy. Hingga kemudian Ian disebut Ipay muncul dengan alasan ingin “meminjam” lagu Cinderella.
Sementara itu, Moldy menyebut pihak dunia MANJI tidak pernah memberitahukan kepada pihaknya soal konten yang dianggap merugikan band tersebut.

Maka dari itu, Radja melaporkan dunia MANJI dengan UU ITE atas dugaan pelanggaran penyebaran konten di media sosial.

Laporan itu pun teregister dengan nomor LP/B 4764/VIII/2023/SPKT POLDA METRO JAYA atas nama pelapor Rana Arinansyah selaku manajemen band Radja.

“Dari dunia MANJI juga enggak ada konfirmasi apa-apa ke kami. Masalahnya di situ yang kami sayangkan, main upload dan membentuk opini publik seolah Radja itu maling. Seolah Radja itu pencuri. Ada bukti enggak?” kata Moldy.

“Intinya, Radja tidak terima atas dunia MANJI yang menghadirkan narsum tidak valid.” kata Moldy.

Di sisi lain, kepada Anji, Ipay menyebut bahwa dirinya sudah berulang kali menghubungi Ian Kasela secara pribadi sejak 2004, atau pada saat ia pertama kali mengetahui lagu Cinderella dibawakan Radja.

Namun Ipay mengklaim bahwa respons Ian Kasela selalu minim. Ia juga sudah berusaha menghubungi Ian Kasela melalui Moldy, tapi juga disebut menghasilkan hal serupa.

Hingga kemudian, Ipay mengaku akan membawa masalah ini ke ranah hukum. Selain itu, Ipay juga akan menggugat Radja dengan gugatan ganti rugi senilai Rp20 miliar dengan pertimbangan berbagai usaha monetisasi Radja atas lagu ini sejak 2004.

“Gue memiliki bukti yang lengkap, gue memiliki semua saksi, dan semua saksi ini menyediakan diri bersedia.” kata Ipay kepada Anji.

CNNIndonesia.com sudah mendapat izin dari Anji untuk mengutip video tersebut.

 

 

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar : Medcom.id

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *