Jokowi Resmi Serahkan Bonus ke Atlet Peraih Medali SEA Games 2021

Presiden RI Joko Widodo secara resmi telah menyerahkan bonus dari pemerintah kepada atlet Indonesia peraih medali SEA Games 2021 Vietnam. Seremoni penyerahan bonus itu berlangsung di halaman Istana Merdeka, DKI Jakarta, pada Senin (13/6/2022) pagi WIB.

Dalam acara tersebut, turut hadir pula Menpora Zainudin Amali dan Ketua Komite Olimpiade Indonesia (KOI) Raja Sapta Oktohari. Menilik pernyataan Jokowi, total bonus yang dikucurkan Pemerintah Indonesia untuk atlet peraih medali SEA Games 2021 mencapai Rp 162,5 milar.

Total bonus itu terbagi menjadi dua, yakni Rp 130,5 milar untuk atlet dan Rp 32 miliar lainnya ditujukan ke pelatih serta asisten pelatih. Besaran bonus yang diterima atlet Indonesia juga berbeda, bergantung kepada medali yang mereka dapatkan.

Saya sangat senang karena dari 499 atlet yang kita kirim ke SEA Games 2021 Vietnam, 408 atlet memperoleh medali baik emas, perak, atau perunggu.

Artinya, 82 persen atlet yang kita kirim membawa pulang medali ke Tanah Air.

Seperti yang disampaikan Menpora tadi, membangun ekosistem yang baik itulah yang akan membuahkan hasil. Kerjanya sekarang juga fokus.

Sekarang kita tidak lagi harus mengirim banyak atlet seperti ketika kita mengirim 840 atlet ke SEA Games sebelumnya (2019, Filipina).

Namun, hasilnya (perolehan medali) meningkat tahun ini.

Sebelum keberangkatan atlet kemarin, saya sudah menyampaikan bahwa pada 2015 kita peringkat lima, 2017 peringkat lima, 2019 peringkat empat, sekarang kita masuk peringkat tiga meskipun hanya mengirim 499 atlet.

Oleh sebab itu, kami akan menyerahkan bonus penghargaan kepada para atlet, pelatih, dan asisten pelatih, kurang lebih 130 miliar rupiah. Itu sebuah angka yang tidak sedikit.

Semoga ini memberi inspirasi dan motivasi untuk atlet-altlet yang lain agar bisa mengharumkan nama bangsa dan negara di ajang internasional apapun ke depannya.

Saya kira hanya itu yang bisa saya sampaikan. Sekali lagi, saya ucapkan selamat.

Jumlah atlet Indonesia pada SEA Games 2021 Vietnam memang jauh menurun dibandingkan edisi 2019 yang dihelat di Filipina.

Pada SEA Games 2019, Indonesia yang mengirim 841 atlet menempati peringkat keempat lasemen akhir medali dengan raihan 72 emas, 84 perak, dan 111 perunggu.

Pencapaian Kontingen Indonesia kemudian naik menjadi peringkat ketiga klasemen akhir medali SEA Games 2021 meskipun hanya mengirim 499 atlet.

Secara keseluruhan, Kontingen Indonesia membawa pulang total 241 medali dari SEA Games 2021 dengan rincian 69 emas, 91 perak, dan 81 perunggu.

Ketika menentukan cabor dan jumlah atlet Indonesia yang akan dikirim ke SEA Games 2021, Kemenpora memang melakukan seleksi ketat.

Kemenpora menugaskan tim review Peningkatan Prestasi Olahraga Nasional (PPON) untuk menentukan jumlah atlet dan cabor yang akan diikuti Indonesia di SEA Games 2021.

Tim review tersebut terdiri dari akademisi, praktisi, perwakilan KONI Pusat, NOC Indonesia, hingga federasi olahraga nasional.

Dalam melakukan tugasnya, tim review PPON berpedoman kepada Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) dan juga rekam jejak prestasi setiap cabor.

Dalam DBON, SEA Games hanya menjadi jembatan olahraga Indonesia menuju tujuan utama, yakni meraih prestasi tinggi di Olimpiade.

 

 

Sumber : kompas.com
Gambar : Kompas.com

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *