Kemenhub Siapkan Bandara Lombok hingga Soetta Buat MotoGP Mandalika

Direktorat Jenderal Perhubungan Udara (Hubdat) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyiapkan sejumlah bandara internasional untuk mendukung penyelenggaraan MotoGP 2022 di Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Bandara yang akan dikerahkan guna mendukung MotoGP antara lain Bandara Internasional Lombok di NTB, Bandara Ngurah Rai di Bali, hingga Bandara Soekarno-Hatta di Jakarta.

“Bandar Udara Lombok Baru, di mana fasilitasnya sudah beberapa kali sudah digunakan untuk WSBK bisa melayani (Boeing) 777 tanpa ada pembatasan jarak ataupun muatan. Runway-nya cukup mumpuni untuk melayani 777 tersebut dan bisa menampung 18 pergerakan per jam,” kata Direktur Jenderal Hubungan Udara Kemenhub Novie Riyanto dalam konferensi pers, Rabu (16/1).

Bandara Lombok diklaim dapat menampung 7 juta orang dalam satu tahun dan dapat menampung 35 ton kargo per harinya.

Sementara itu, Bandara Ngurah Rai bali juga akan digunakan untuk mendukung layanan penerbangan yang berkaitan dengan MotoGP di Mandalika.

“Kapasitasnya juga besar di mana ada 32 pergerakan pesawat per jam dan dapat menampung apabila kapasitas di Lombok baru melebihi kemampuannya dan bisa di parkir di apron Bali,” ujarnya.

Novie menjelaskan bahwa pihaknya juga akan menyiapkan Bandara Soekarno Hatta untuk menampung penerbangan internasional khususnya bagi penonton MotoGP di Mandalika.

Penonton MotoGP sendiri diperkirakan berasal dari beberapa negara mulai dari Singapura, Thailand, Hong Kong, Jepang, Australia, Qatar, Uni Emirat Arab, Belanda, hingga Inggris.

“Jadi memang untuk Soekarno-Hatta disiapkan karena ada penerbangan yang diindikasikan datang dari penonton internasional. Sementara, khusus untuk sekitar 1.700 kru dan official yang akan hadir nanti penerbangannya akan langsung ke Lombok,” katanya.

 

 

 

 

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar : CNN Indonesia

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *