Harga Minyak Dunia Akhirnya Bangkit

Harga minyak dunia menguat pada penutupan perdagangan Kamis (Jumat pagi WIB), setelah jatuh selama tiga sesi berturut-turut. Ini terjadi karena pelemahan dolar AS dan upaya bank sentral Tiongkok yang gigih meningkatkan pasar properti dan ekonomi yang lebih luas.

Dikutip dari Investing.com, Jumat, 18 Agustus 2023, harga minyak West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman September 2023 naik USD1,01 atau sekitar 1,3 persen menjadi USD80,93 per barel di New York Mercantile Exchange.

Sementara harga minyak mentah Brent untuk pengiriman Oktober 2023 meningkat 67 sen atau sekitar 0,8 persen menjadi USD84,12 per barel di London ICE Futures Exchange.

Nilai tukar dolar AS melemah dengan indeks dolar AS turun dari level tertinggi dalam dua bulan terakhir, setelah nota pertemuan Federal Reserve menunjukkan kemungkinan berlanjutnya peningkatan suku bunga dan data terbaru memperlihatkan solidnya ekonomi Negeri Paman Sam.

Peningkatan suku bunga membuat biaya pinjaman naik yang menyebabkan pertumbuhan ekonomi melambat dan permintaan minyak mentah berkurang.

Persedian minyak mentah

Dalam laporannya, Tiongkok membuat penarikan pada persediaan minyak mentah pada Juli 2023. Ini menjadi yang pertama kalinya sejak 33 bulan terakhir, dimana persediaannya mencatatkan penurunan.

Data yang dirilis pada Rabu, 16 Agustus 2023 menunjukkan persediaan minyak mentah AS turun hampir enam juta barel minggu lalu karena ekspor yang kuat dan tingkat penyulingan meningkat.

Stok bensin AS turun ke level terendah dalam lebih dari dua bulan, berdasarkan laporan Badan Informasi Energi AS (EIA). Pasokan produk mingguan, proksi untuk permintaan, naik ke level tertinggi sejak Desember.

 

 

 

 

Sumber : medcom.id
Gambar : Liputan6.com

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *