Presiden Afrika Selatan Positif Covid-19

Presiden Afrika Selatan, Cyril Ramaphosa positif covid-19. Menurut pernyataan kantor kepresidenan, Ramaphosa menerima perawatan untuk gejala ringan.

Ramaphosa sudah menerima vaksinasi penuh. Ia mulai merasa tidak sehat setelah meninggalkan upcara peringatan kenegaraan untuk mantan wakil presiden FW de Klerk di Cape Town pada hari sebelumnya.

Dia akan tetap mengasingkan diri di Cape Town untuk sementara waktu dan mendelegasikan semua tanggung jawab kepada Wakil Presiden David Mabuza untuk pekan depan.

Penyataan kepresidenan menyebutkan, belum lama ini Ramaphosa mengunjungi empat negara Afrika Barat. Ia dan seluruh delegasi Afrika Selatan diuji covid-19 di semua negara.

“Presiden dan delegasi kembali ke Afrika Selatan dari Republik Senegal pada Rabu, 8 Desember 2021, setelah mendapatkan hasil tes negatif,” kata pernyataan tersebut, dikutip dari Channels TV, Senin, 13 Desember 2021.

“Presiden juga dites negatif sekembalinya ke Johannesburg pada 8 Desember,” lanjut dia.

Dalam pernyataan tersebut, Ramaphosa mengatakan, bahwa infeksi yang terjadi pada dirinya menjadi peringatan penting bagi semua orang mengenai pentingnya mendapatkan vaksinasi dan tetap waspada terhadap paparan.

“Vaksinasi tetap menjadi perlindungan terbaik terhadap penyakit parah dan rawat inap,” kata Ramaphosa dalam pernyataan tersebut.

“Orang-orang yang telah melakukan kontak dengan presiden hari ini disarankan untuk memperhatikan gejala atau melakukan tes sendiri,” lanjut pernyataan tersebut.

Varian Omicron yang sangat bermutasi pertama kali terdeteksi di Afrika Selatan bulan lalu. Varian ini memicu kepanikan global karena khawatir lebih menular daripada varian lainnya.

 

 

 

 

Sumber : medcom.id
Gambar : CNN Indonesia

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *