Akibat Omicron, Inggris Tingkatkan Kewaspadaan Covid-19 ke Level 4

Inggris meningkatkan tingkat kewaspadaan covid-19 ke level empat. Level ini yang tertinggi kedua di tengah lonjakan kasus Varian Omicron.

Keputusan itu datang atas rekomendasi empat kepala petugas medis dan Direktur Medis Layanan Kesehatan Nasional (NHS).

“Penularan covid-19 sudah tinggi di masyarakat, terutama masih didorong oleh (varian) Delta, tetapi munculnya Omicron menambah risiko tambahan dan meningkat pesat pada layanan publik dan kesehatan,” kata Kementerian Kesehatan dan Perawatan Nasional Inggris, dilansir dari Anadolu Agency, Senin, 13 Desember 2021.

Mereka menambahkan, bukti awal menunjukkan Omicron menyebar jauh lebih cepat dibanding Varian Delta. Kementerian menambahkan, melihat perlindungan vaksin terhadap Omicron berkurang, maka warga didesak mendapatkan suntikan booster untuk menambah perlindungan.

“NHS saat ini berada di bawah tekanan, terutama didorong tekanan non-covid-19,” kata mereka.

“Dengan penyebaran varian yang meningkatkan transmisibilitas dan penurunan efektivitas vaksin, kemungkinan tekanan akan semakin meningkat,” lanjut kementerian tersebut.

Level empat, menurut pedoman pemerintah Inggris, berarti epidemi covid-19 beredar luas. Penularannya dilaporkan tinggi dan tekanan covid-19 terasa langsung pada layanan perawatan kesehatan secara meluas.

Sejak Mei lalu, Negeri Ratu Elizabeth berada di Level 3. Saat ini, mereka melaporkan 3.137 varian baru Omicron.

 

 

 

 

 

Sumber : medcom.id
Gambar : Medcom.id

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *