Kasus Covid-19 Melonjak, Rumah Sakit di Filipina Mulai Kewalahan

Hampir seperlima rumah sakit di Filipina mendekati kapasitas penuh karena lonjakan infeksi covid-19. Meningkatnya angka covid-19 di Filipina ini didorong oleh varian Delta yang sangat menular, menyebar ke seluruh negara Asia Tenggara.

Kasus virus korona di Filipina, negara berpenduduk 110 juta, telah tumbuh pada tingkat sekitar 8.000 hingga 10.000 infeksi sehari selama beberapa minggu terakhir. Angka ini di atas rata-rata harian 5.700 kasus dalam pandemi covid-19 yang dilaporkan bulan lalu.

“Sangat mungkin kasus akan terus meningkat bahkan setelah ECQ,” kata juru bicara kementerian kesehatan Maria Rosario Vergeire, seperti dikutip Channel News Asia, Selasa 10 Agustus 2021.

ECQ sendiri merujuk pada peningkatan karantina masyarakat. Ini adalah klasifikasi yang digunakan di ibu kota Manila dan sekitarnya untuk bentuk penguncian yang paling ketat.

“Dari 1.291 rumah sakit di Filipina, 236 telah mencapai ‘tingkat kritis’ dengan lebih dari 85 persen hunian karena peningkatan kasus,” sebut Vergeire.

“Rumah sakit di wilayah ibu kota, pusat wabah saat ini, menghadapi situasi serupa dengan 25 dari 159 fasilitas mendekati kapasitas penuh,” tambahnya.

Jumat lalu, pihak berwenang menempatkan wilayah ibu kota, kawasan perkotaan 16 kota yang menampung lebih dari 13 juta orang, di bawah penguncian dua minggu ketika kasus-kasus secara nasional mendekati level tertinggi empat bulan.

Rekaman yang direkam oleh drone pada Senin menunjukkan lebih sedikit mobil di jalan-jalan Manila menyusul pembatasan ketat pada pergerakan orang di luar ruangan.

Vergeire mengatakan, penguncian akan membantu pemerintah menunda peningkatan kasus lebih lanjut dan memberikan lebih banyak waktu untuk memperkuat sistem perawatan kesehatan. Pejabat kota mengatakan mereka akan menggunakan periode tersebut untuk memvaksinasi empat juta orang di wilayah ibu kota.

Filipina menargetkan untuk menginokulasi hingga 70 juta orang tahun ini, dan sejauh ini 11 juta orang telah divaksinasi penuh. Negara ini telah mencatat 1,65 juta kasus covid-19 sejak pandemi dimulai, dan 29.000 kematian.

 

 

 

 

Sumber : medcom.id
Gambar : Medcom.id

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *