Jelang Olimpiade Musim Dingin, Tiongkok Perketat Pemeriksaan Covid-19 di Pelabuhan

Tiongkok berlakukan kebijakan ketat di pelabuhan untuk perjalanan masuk dan keluar negara itu. Langkah ketat ini diambil untuk mengurangi risiko covid-19 di tengah merebaknya wabah domestik baru di negara tersebut.

Administrasi Imigrasi Nasional (NIA) mengatakan, pihaknya akan terus membimbing warga untuk tidak pergi ke luar negeri tanpa alasan mendesak dan tidak penting.

Penurunan dramatis wisatawan Tiongkok sejak awal tahun lalu meninggalkan beban berat bagi Negeri Tirai Bambu, sebesar USD255 miliar (setara Rp3.666 triliun) di pasar pariwisata global.

Otoritas imigrasi Tiongkok berjanji untuk menerapkan pembatasan covid-19 secara ketat pada pergerakan orang yang keluar dan masuk dari negara itu. Terlebih, wabah saat ini terjadi kurang dari 100 hari sebelum pembukaan Olimpiade Musim Dingin Beijing.

Dilansir dari Malay Mail, Kamis, 4 November 2021, Tiongkok bertujuan memastikan tidak ada wabah di antara orang yang datang dari luar negeri untuk Olimpiade Musim Dingin.

“Pihak berwenang akan berusaha untuk menghindari kegagalan dalam pengendalian virus untuk Olimpiade yang kemudian akan mengganggu acara atau menyebabkan pengelompokan di antara penduduk,” ucap Huang Chun, seorang pejabat panitia penyelenggara Olimpiade Musim Dingin Beijing.

Pembatasan covid-19 juga diperketat di ibu kota Tiongkok jelang pertemuan besar para anggota tertinggi Partai Komunis pekan depan.

Lebih dari 700 infeksi yang ditularkan secara lokal dengan gejala yang dikonfirmasi telah dilaporkan di Tiongkok sejak pertengahan Oktober di 19 wilayah tingkat provinsi. Penyebaran geografis kasus tersebut memicu serangkaian pembatasan pada bisnis pariwisata dan rekreasi di negara tersebut.

“Pemeriksaan pada penerbangan, kapal serta kargo di pelabuhan darat akan diterapkan secara ketat,” kata NIA.

Mereka menambahkan, akan menyesuaikan langkah-langkah pemeriksaan pada orang asing yang tiba di Tiongkok, sesuai dengan perubahan situasi covid-19. Namun, NIA tidak memberikan rincian lebih lanjut terkait hal tersebut.

 

 

 

 

Sumber : medcom.id
Gambar : Medcom.id

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *