Evakuasi KA Argo Semeru Anjlok di Wates Rampung, Jalur Bisa Dilalui

Proses evakuasi rangkaian KA Argo Semeru yang anjlok dan terserempet KA Argo Wilis di kilometer 520 +4 Petak Jalan Sentolo, Wates, Kulon Progo, telah selesai, Rabu (18/10).

“Alhamdulillah tadi jam 09.56 WIB kereta yang anjlok, dari sembilan yang anjlok itu sudah selesai diangkut ditaruh lagi di atas rel,” kata Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (Persero) Didiek Hartantyo di lokasi.

Evakuasi berhasil berkat kerjasama lintas instansi mulai dari TNI, Polri, Damkar, serta Ditjen Perkeretaapian dan PT KAI yang mengerahkan alat berat crane masing-masing.

Didiek menyebut PT KAI selanjutnya segera menormalisasi jalur hulu dari arah Jakarta, sementara jalur hilir telah pulih dan sudah dipakai melintas KA Argo Lawu dari Solo Balapan tujuan Stasiun Gambir.

“Kemarin untuk menjalankan kereta api, terpaksa kereta kita putar. Jadi, arah Jakarta Bandung yang menuju Surabaya kita arahkan Cirebon ke Semarang turun ke arah Solo baru ke timur. Demikian juga dari Surabaya yang ke arah Bandung Jakarta, itu dari Surabaya, Madiun, Solo naik ke Semarang langsung ke Cirebon, Jakarta, Bandung,” ujarnya.

KA Argo Lawu yang berangkat pukul 11.33 WIB tadi jadi kereta pertama yang dialihkan dan melintasi jalur hilir dengan batas kecepatan maksimal 40 km/jam.

Didiek mengatakan normalisasi jalur hulu diperkirakan memakan waktu dua jam. Ia menargetkan jalur tersebut bisa digunakan kembali hari ini.

“Dengan penyelesaian hari ini, normalisasi jalur hulu ini tadi udah diawali Argo Lawu, akan dilanjutkan kereta-kereta berikutnya. Para pelanggan penumpang yang memerlukan KA Bandara, Prameks ini segera kita normalkan kembali,” ujarnya.

Didiek mewakili seluruh jajaran direksi dan pegawai PT KAI memohon maaf sebesar-besarnya atas insiden anjloknya KA Argo Semeru yang terjadi kemarin.

“Kami bersama dengan direktur keselamatan dan KNKT akan melakukan investigasi penyebab daripada kejadian ini untuk kemudian diambil langkah-langkah secara governance,” katanya.

Kereta Api Argo Semeru relasi Surabaya-Jakarta mengalami anjlok dan terserempet Kereta Api Argo Wilis relasi Bandung-Jakarta di kilometer 520 +4 Petak Jalan Sentolo, Wates, Kulon Progo, Selasa (17/10).

Sejauh ini PT KAI masih menyelidiki pemicu insiden ini. Adapun setelah kejadian para penumpang Argo Semeru langsung dievakuasi ke Stasiun Wates menggunakan KA Bandara YIA setelah kejadian sebelum melanjutkan perjalanannya ke tujuan. Sedangkan penumpang KA Argo Wilis diangkut ke Stasiun Tugu Yogyakarta.

Insiden ini menyebakan puluhan penumpang mengalami luka-luka. Beberapa harus dilarikan dan dirawat di rumah sakit.

 

 

 

 

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar : Suara Jogja

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *