Daftar Delegasi Negara-negara yang Akan Hadir di KTT ASEAN

Indonesia bakal menjadi tuan rumah konferensi tingkat tinggi (KTT) ASEAN yang ke-43 pada 5-7 September 2023 di Jakarta Convention Center. Sejumlah delegasi negara pun bakal hadir dalam pertemuan puncak ini.

Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi mengatakan KTT ASEAN ke-43 ini bakal mengusung tema “epicentrum of growth”.

Retno berujar setidaknya ada “empat ruh besar keketuaan Indonesia” yang akan dikedepankan selama pertemuan puncak. Pertama, visi jangka panjang ASEAN yang berkaitan dengan keberlanjutan hal yang telah dicapai.

Kedua, memastikan ASEAN lebih tangguh menghadapi tantangan zaman. Ketiga, menjadikan ASEAN sebagai pusat pertumbuhan ekonomi. Kemudian keempat, menjadikan Indo-Pasifik sebagai kawasan damai dan sejahtera.

Retno menuturkan sebelum memulai acara pada 5-7 September, KTT ASEAN sendiri sudah dimulai pada 29 Agustus-4 September 2023.

Pertemuan ini dimulai dari Pertemuan ASEAN Socio Cultural Community (ASCC) pada 29 Agustus 2023. Kemudian ASEAN Economic Community (AEC) pada 3 September 2023.

Lalu ASEAN Ministerial Meeting (AMM), ASEAN Political and Security Community (APSC), dan ASEAN Coordinating Council (ACC) pada 4 September 2023.

Pada 5 September, bakal diadakan dua pertemuan yakni 43rd ASEAN Summit (Plenary Session) dan 43rd ASEAN Summit (Retreat Session).

Dilanjutkan enam pertemuan pada 6 September, antara lain 26th ASEAN-China Summit, 24th ASEAN-Republic of Korea (ROK) Summit, 26th ASEAN-Japan Summit, 11th ASEAN-US Summit, ASEAN-Canada Summit, dan 26th ASEAN Plus Three (APT) Summit (ASEAN dengan Jepang-ROK-RRT).

Pada 7 September, empat pertemuan penutup juga bakal digelar yakni 20th ASEAN-India Summit, 3rd ASEAN-Australia Summit, 13th ASEAN-UN Summit, dan 18th East Asia Summit.

Lebih jauh, sejumlah pertemuan bilateral juga bakal dilakukan di sela-sela pertemuan puncak. Retno berujar akan ada 13 pertemuan yang dilakukan Presiden Joko Widodo selama KTT ASEAN.

Terlepas dari itu, berikut daftar negara yang hadir.

11 negara anggota ASEAN:

1. Indonesia
2. Malaysia
3. Singapura
4. Thailand
5. Filipina
6. Brunei Darussalam
7. Vietnam
8. Laos
9. Myanmar
10. Kamboja
11. Timor Leste.

9 negara mitra wicara:

1. Amerika Serikat
2. Australia
3. India
4. Jepang
5. Kanada
6. Korea Selatan
7. Rusia
8. Selandia Baru
9. China

2 negara undangan:

1. Bangladesh
2. Kepulauan Cook

 

 

 

 

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar : CNN Indonesia

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *