Faktor Ini yang Bikin Dolar AS Melemah

Dolar Amerika Serikat (AS) melemah terhadap sebagian besar mata uang dunia pada Kamis waktu setempat.

Pelemahan mata uang AS itu karena Senat AS terus melanjutkan rencana perjanjian pendanaan sementara yang diperkirakan akan ditentang oleh Partai Republik di DPR.

Melansir Antara, Jumat, 29 September 2023, indeks dolar turun 0,41 persen menjadi 106,2268 pada akhir perdagangan.

Kongres AS menghadapi tenggat waktu untuk meloloskan anggaran baru, namun Ketua DPR Kevin McCarthy mengatakan masih ada waktu untuk mencapai kesepakatan yang terlambat.

“Saya bangun setiap hari dengan optimis,” katanya.

Ekonomi AS menguat

Pemerintah AS menyatakan, Produk domestik bruto (PDB) AS meningkat pada tingkat tahunan sebesar 2,1 persen yang belum direvisi pada kuartal terakhir.

Presiden Fed Chicago Austan Goolsbee mengatakan Federal Reserve AS mungkin berada di posisi langka yaitu dapat menurunkan inflasi tanpa memberikan dampak besar terhadap lapangan kerja dan pertumbuhan. Serta harus ekstra hati-hati untuk tidak terlalu mengandalkan sejarah perjuangan inflasi di masa lalu dalam merencanakan langkah kebijakan lebih lanjut.

Pada akhir perdagangan New York, euro naik menjadi 1,0553 dolar AS dari 1,0508 dolar AS pada sesi sebelumnya, dan poundsterling Inggris naik menjadi 1,2196 dolar AS dari 1,2137 dolar AS.

 

 

 

 

Sumber : medcom.id
Gambar : Bisnis.com

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *