Tekan Polusi Udara, Jokowi Minta Armada Bus Listrik Transjakarta Ditambah

Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono membeberkan tugas yang diperintahkan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam upaya mengatasi polusi udara di Jakarta. Di antaranya, Pemprov DKI Jakarta diminta menambah bus listrik Transjakarta.

Hal ini disampaikan Heru Budi usai mengikuti rapat terbatas bersama Presiden dan jajaran kementerian untuk membahas mengenai peningkatan kualitas udara di kawasan Jabodetabek.

“Hari ini Bapak Presiden memimpin rapat terkait dengan polusi, salah satu yang ditugaskan kepada kami adalah supaya bisa mempercepat transisi kendaraan khususnya Transjakarta. Jadi diminta menambah tahun depan, tahun 2024,” kata Heru dalam konferensi daring di Youtube Sekretariat Presiden, dikutip Senin (28/8/2023).

Meski begitu, Heru menyebut pengadaan bus listrik Transjakarta akan disesuaikan dengan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) yang dimiliki Pemprov DKI Jakarta.

“Namun kami sedang hitung kemampuan dari APBD DKI,” ujar Heru.

Selain itu, kata Heru, dia juga meminta peralihan kendaraan listrik tak hanya dilakukan di DKI Jakarta. Di dalam rapat, Heru menyebut telah menyampaikan agar pemerintah daerah penyangga turut menggunakan kendaraan listrik.

“Tadi saya sampaikan di dalam rapat, saya juga minta kepada pemerintah daerah lainnya misalnya Bogor, Bekasi, Depok untuk untuk turut serta juga membeli kendaraan listrik. Artinya tidak hanya semata-mata DKI saja,” ucap dia.

 

 

 

 

Sumber : liputan6.com
Gambar : Kompas Otomotif

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *