Sempat Jeda 3 Bulan, WFP Kembali Distribusikan Bantuan Pangan di Ethiopia

Program Pangan Dunia PBB (WFP) kembali mendistribusikan bantuan pangan di beberapa bagian wilayah Tigray, Ethiopia. Sebelumnya, pengiriman ini dijeda tiga bulan.

Mereka mulai menguji dan memverifikasi langkah-langkah baru pada 31 Juli untuk memberikan bantuan makanan di empat distrik Tigray kepada lebih dari 100.000 orang yang memenuhi syarat.

“Pembagian sedang diluncurkan di tujuh titik distribusi makanan, di mana WFP dan mitranya telah menyelesaikan penargetan penerima manfaat dan mendaftarkan mereka secara digital,” kata badan tersebut dalam sebuah pernyataan, dilansir dari TRT World, Rabu, 9 Agustus 2023.

WFP menghentikan bantuan makanan ke wilayah utara pada Mei lalu, menyusul laporan pencurian sumbangan yang meluas. Badan itu kemudian menangguhkan bantuan ke seluruh Ethiopia pada Juni.

Amerika Serikat melakukan hal yang sama.

Di satu kota Tigray, bantuan makanan curian yang cukup untuk memberi makan 134.000 orang selama sebulan ditemukan malah dijual di pasar, masih ditandai dengan bendera AS.

Lebih dari 20 juta orang membutuhkan bantuan makanan di Ethiopia, negara terpadat kedua di Afrika, sebagian besar karena kekeringan terburuk di Tanduk Afrika dalam beberapa dasawarsa dan konflik dua tahun di Tigray.

WFP telah memberikan bantuan makanan darurat kepada hampir enam juta dari mereka. Namun, penghentian bantuan dikritik oleh pemerintah Ethiopia, yang mengatakan sedang menyelidiki klaim pencurian.

WFP dan Badan Pembangunan Internasional AS mengatakan, mereka bekerja untuk memastikan bantuan mencapai penerima yang dituju sebelum melanjutkan bantuan apa pun.

WFP mengatakan, akan terus bekerja dengan mitranya dalam menguji langkah-langkah terbaru sebelum distribusi bantuan yang lebih luas, termasuk kepada orang-orang di wilayah Amhara, Afar dan Somalia.

Perkembangan tersebut terjadi setelah kekerasan baru di Amhara, di mana bentrokan antara milisi regional dan militer dengan cepat menjadi krisis keamanan paling serius di Ethiopia sejak berakhirnya perang saudara di Tigray.

 

 

 

 

 

 

Sumber : medcom.id
Gambar : medcom.id

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *