27 Orang Tewas Setelah Bus Jatuh ke Jurang di Meksiko

Sedikitnya 27 orang tewas di Meksiko ketika sebuah bus penumpang meluncur dari jalan pegunungan dan jatuh ke jurang pada Rabu 5 Juli 2023 di negara bagian selatan Oaxaca. Puing dari bus jelas terlihat di dasar tebing.

“Menurut jumlah awal, 27 orang tewas dan 17 luka-luka dipindahkan ke berbagai rumah sakit di wilayah itu untuk perawatan medis,” kata Jaksa negara bagian Oaxaca, Bernardo Rodriguez Alamilla kepada AFP melalui telepon.

“Investigasi telah diluncurkan untuk mengetahui penyebab kecelakaan itu, dengan indikasi awal menunjukkan kerusakan mekanis,” tambah Alamilla.

Menurut badan perlindungan sipil, setidaknya enam orang yang terluka tidak sadarkan diri dan dalam kondisi serius ketika mereka dilarikan ke rumah sakit.

Bus, yang dioperasikan oleh perusahaan transportasi lokal, telah meninggalkan ibu kota Mexico City pada Selasa malam dan menuju kota Santiago de Yosondua.

“Pengemudi kendaraan diduga kehilangan kendali dan sayangnya jatuh ke jurang sedalam lebih dari 25 meter,” ucap seorang pejabat negara, Jesus Romero, dalam konferensi pers.

Romero, perusahaan yang mengoperasikan bus menyediakan layanan harian dari Mexico City.

Penumpang yang terluka dipindahkan ke rumah sakit di daerah tersebut, sementara layanan darurat mengambil jenazah mereka yang tewas, tambah Romero.

Kecelakaan itu terjadi di Magdalena Penasco, sebuah kota yang terletak di daerah pegunungan yang menjadi rumah bagi masyarakat terpencil, jalan berliku dan jurang yang curam.

“Kami sangat menyesali kecelakaan yang terjadi di Magdalena Penasco,” tulis Gubernur negara bagian Oaxaca, Salomon Jara di media sosial, menyampaikan belasungkawa kepada keluarga almarhum.

“Petugas pemerintah kami sudah bekerja dalam operasi penyelamatan dan memberikan semua dukungan kepada orang-orang yang terluka,” sebutnya.

Gambar polisi yang dipublikasikan di media sosial menunjukkan bagian atas bus hampir hancur total.

Kecelakaan lalu lintas yang mematikan sering terjadi di Meksiko, biasanya karena kecepatan tinggi, kondisi kendaraan yang buruk, atau kelelahan pengemudi.

Banyak orang mengandalkan bus, terkadang dioperasikan oleh perusahaan transportasi kecil yang melayani masyarakat terpencil dengan kendaraan yang sudah tua.

Kecelakaan yang melibatkan truk barang juga meningkat di jalan raya negara itu.

Pada Rabu, tabrakan hebat yang melibatkan kendaraan kargo menyebabkan delapan orang terluka di jalan raya di negara bagian Queretaro, kata pihak berwenang.

Pada Mei, setidaknya 18 turis Meksiko tewas ketika bus mereka jatuh ke jurang di negara bagian barat Nayarit. Pada bulan yang sama, 13 orang tewas ketika sebuah van penumpang dan sebuah truk semi-truk bertabrakan di jalan raya di negara bagian timur laut Tamaulipas.

Juru kampanye keselamatan jalan menyerukan peraturan yang lebih ketat, seperti larangan truk menarik dua trailer kargo.

 

Sumber : medcom.id
Gambar : Medcom.id

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *