Kim Jong-un Ucapkan Selamat Atas Pembukaan Olimpiade Musim Dingin Beijing

Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-un mengirim ucapan selamat kepada Presiden Tiongkok Xi Jinping, setelah Olimpiade Musim Dingin Beijing dibuka. Pesan ini menyoroti hubungan strategis kedua negara.

Olimpiade Musim Dingin Beijing berlangsung pada 4-20 Februari. Korut tidak mengambil bagian dalam kegiatan olahraga ini menyusul penangguhan Komite Olimpiade Internasional (IOC).

“Pembukaan Olimpiade Musim Dingin Beijing yang sukses terlepas dari krisis kesehatan di seluruh dunia dan keadaan parah yang belum pernah terjadi sebelumnya adalah kemenangan besar lainnya yang dimenangkan oleh Tiongkok,” kata Kim dalam pesan tersebut menurut Kantor Berita Pusat Korea Utara (KCNA).

Dikutip dari Yonhap, Jumat, 4 Februari 2022, IOC sebelumnya memutuskan untuk melarang Korea Utara dari Olimpiade Beijing sebagai hukuman karena menolak untuk berpartisipasi dalam Olimpiade Tokyo tahun lalu karena kekhawatiran covid-19.

Pada Januari kemarin, Pyongyang menyatakan dukungan mereka untuk Olimpiade Musim Dingin meskipun tidak berpartisipasi. Gerakan pasukan musuh dan pandemi di seluruh dunia menjadi alasan Korut tidak ikut kegiatan ini.

Kim juga menyoroti hubungan Korut dan Tiongkok yang kuat dalam pesan tersebut. Ia berjanji untuk terus mengembangkan hubungan ke tahap baru yang lebih tinggi.

“Hubungan Korea Utara dan Tiongkok telah direkatkan menjadi hubungan strategis yang tidak terkalahkan dan dapat dipatahkan apapun dalam perjuangan membela dan memajukan tujuan bersama,” kata Kim.

“Kedua pihak serta rakyat kedua negara telah mengkonsolidasikan persatuan dan kerja sama di semua bidang, termasuk politik, ekonomi, budaya dan olahraga,” pungkas Kim.

 

 

 

 

 

Sumber : medcom.id
Gambar : medcom.id

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *