Lalu Lintas Udara Belanda Kacau Akibat Badai, 400 Penerbangan Dibatalkan

Belanda dihantam badai musim panas terkuat pada Rabu, 5 Juli 2023. Badai ini menewaskan satu orang dan mengacaukan perjalanan udara serta kereta api internasional.

Bandara Schiphol Amsterdam, yang merupakan salah satu hub tersibuk di Eropa, mengungkapkan bahwa pihaknya telah membatalkan 400 penerbangan setelah Badai Poly membawa angin kencang dan hujan lebat.

Kereta Eurostar dari Amsterdam ke London dan layanan berkecepatan tinggi ke Kota Koeln dan Hamburg di Jerman juga dihentikan. Sementara banyak layanan kereta domestik dibatalkan, kata operator kereta Belanda NS.

Hembusan angin hingga 146 kilometer per jam menghantam pantai Laut Utara negara dataran rendah itu. Angin menumbangkan pohon dan mendorong otoritas Belanda untuk memperingatkan orang-orang untuk tinggal di rumah.

Seorang perempuan 51 tahun tewas ketika sebuah pohon tumbang menimpa mobilnya di kota Haarlem dekat Amsterdam. Polisi mengatakan, jalan raya diblokir oleh pohon tumbang dan truk yang terguling.

Bandara Schiphol mengatakan, kombinasi angin kencang, hujan, dan jarak pandang yang buruk berarti akan ada ‘lalu lintas udara yang sangat terbatas’ untuk penerbangan masuk dan berangkat hingga setidaknya pukul 16:00 waktu setempat.

“Saat ini, 400 penerbangan telah dibatalkan,” kata Juru Bicara Schiphol kepada AFP.

Bandara ini merupakan hub utama untuk menghubungkan penerbangan dari Asia, Timur Tengah dan Amerika Serikat ke seluruh Eropa. Semua kereta ke Schiphol juga dihentikan, menyebabkan gangguan lebih lanjut bagi penumpang udara.

 

 

Sumber : medcom.id
Gambar : Medcom.id

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *