Jokowi soal Antisipasi El Nino: Kita Sudah Bangun 5.000 Embung

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan pemerintah telah menyusun strategi untuk mengantisipasi fenomena kekeringan panjang alias El Nino. Salah satunya dengan membangun lebih dari 5.000 embung.

Selain itu, 38 bendungan juga telah dibangun dan akan selesai menjadi 61 bendungan tahun depan.

“Urusan pasokan air di embung dan bendungan yang dibangun betul-betul dikelola dengan baik,” kata Jokowi dalam sidang kabinet paripurna, Senin (3/7).

Dalam kesempatan yang sama, Jokowi juga mengingatkan beberapa hal yang perlu diantisipasi. Pertama, pentingnya mengutamakan kepentingan masyarakat dan kepentingan nasional. Jokowi menyebut program pemerintah tidak boleh terhambat di tengah persaingan politik.

Kedua, antisipasi dan proyeksi agar pendapatan negara tidak terganggu. Berdasarkan laporan Menteri Keuangan Sri Mulyani, Jokowi menyebut pendapatan negara pada semester I tahun ini masih baik.

Ketiga, memastikan pertumbuhan ekonomi tumbuh positif di semester II tahun ini. Caranya dengan mendongkrak konsumsi rumah tangga dan menstabilkan harga kebutuhan pokok serta ketersediaan stok pangan.

Keempat, memaksimalkan realisasi belanja APBN dan APBD 2023. Jokowi meminta jajarannya memprioritaskan belanja barang dan modal pada produk dalam negeri.

Terakhir, Jokowi meminta agar stabilitas politik dan keamanan masyarakat tetap berjalan dengan baik di tengah tahapan Pemilu 2024.

“Dan kawal terus penyelesaian nonyudisial pelanggaran HAM berat masa lalu dan lakukan pemulihan keamanan di Papua secepat-cepatnya,” kata Jokowi.

 

 

 

 

 

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar : Sumsel Nian

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *