Dubes Baru Tiongkok untuk AS Serukan Pemulihan Jalur Hubungan Bilateral

Xie Feng, Duta Besar baru Tiongkok untuk Amerika Serikat, mendesak Washington pada Selasa, 23 Mei 2023, untuk bekerja sama dengan Tiongkok dalam upaya meningkatkan dialog, mengelola perbedaan dan mempromosikan kerja sama, sehingga hubungan kedua negara dapat kembali ke jalur yang benar.

“Saya sangat tersanjung ditunjuk Presiden Xi Jinping sebagai Duta Besar Tiongkok ke-12 untuk Amerika Serikat,” kata Xie dalam sambutan singkatnya kepada media setibanya di Bandara Internasional John F. Kennedy pada Selasa sore.

“Sebagai wakil rakyat Tiongkok, saya datang ke sini untuk melindungi kepentingan Tiongkok, dan saya menganggap ini sebagai tanggung jawab suci saya. Sebagai utusan rakyat Tiongkok, saya datang ke sini untuk meningkatkan pertukaran dan kerja sama Tiongkok-AS, dan saya menganggap ini sebagai misi penting,” tutur Xie, dikutip dari laman Xinhua.

“Saat ini, hubungan Tiongkok-AS dihadapkan dengan kesulitan dan tantangan serius. Penunjukan saya tidak hanya berarti kehormatan, tetapi juga tanggung jawab yang sangat besar. Kolega saya dan saya akan melaksanakan tanggung jawab dan menjalankan misi kami dengan ketekunan dan ketabahan,” sebut Xie.

Ia mengatakan bahwa Presiden Xi Jinping telah mengedepankan tiga prinsip saling menghormati, hidup berdampingan secara damai, dan kerja sama yang saling menguntungkan, yang merupakan cara mendasar dan tepat bagi kedua negara untuk bergaul satu sama lain di era baru.

“Kami berharap Amerika Serikat akan bergerak ke arah yang sama dengan Tiongkok, dan bertindak demi kepentingan bersama kedua bangsa dan dunia, menangani dengan baik isu-isu penting dan sensitif, seperti masalah Taiwan sesuai dengan prinsip-prinsip di tiga komunike bersama Sino-AS,” tambahnya.

“Sudah 13 tahun sejak saya terakhir bekerja di Amerika Serikat. Selama 13 tahun terakhir, dunia telah mengalami perubahan besar, begitu pula Amerika Serikat,” sebut Xie.

Selama menjabat sebagai dubes kali ini, ia berharap dapat terlibat secara luas dengan orang-orang di Amerika dari semua lapisan masyarakat, mengamati dan mendengar tentang negara dari jarak dekat, dan mencari cara untuk memperdalam pertukaran dan kerja sama.

“Saya juga berharap dapat berteman dengan media dan orang-orang dari sektor lain. Mari kita bekerja sama untuk berkontribusi pada hubungan China-AS dengan wawasan dan tindakan serta keberanian dan ketabahan,” pungkas Xie.

 

 

 

 

Sumber : medcom.id
Gambar : medcom.id

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *