Menhan China Temui Putin di Moskow Bahas Kerja Sama Militer

Presiden Rusia Vladimir Putin bertemu Menteri Pertahanan China Li Shangfu di Moskow pada Minggu (17/4). Keduanya membanggakan kerja sama militer yang mereka lakukan, yang dideklarasikan sebagai kemitraan ‘tanpa batas’.

Kunjungan Li ke Moskow ini dilakukan usai Presiden China Xi Jinping bertemu Putin bulan lalu.

Rusia dan China semakin mesra dalam hubungan ekonomi, politik dan militer sejak Rusia mengirim puluhan ribu tentara untuk menginvasi Ukraina pada Februari 2022.

Reuters mengabarkan dalam cuplikan pertemuan Putin terlihat menjabat tangan Li kemudian duduk bersama. Menteri Pertahanan Rusia Sergei Shoigu juga hadir dalam pertemuan itu.

“Kami bekerja secara aktif melalui departemen militer, secara rutin bertukar informasi berguna, bekerja sama di bidang teknis militer dan mengadakan latihan bersama,” kata Putin.

Latihan tersebut, sambung Putin, telah diadakan di timur jauh serta Eropa dan melibatkan angkatan darat, laut dan udara.

“Tidak diragukan lagi, ini adalah bidang penting lainnya yang memperkuat sifat strategis dan saling percaya hubungan kami,” ujar Putin.

Sementara itu bagi Li kunjungan ini adalah yang pertama dilakukan ke negara lain sejak dia menjabat bulan lalu.

“Baru-baru ini kerja sama antara Rusia dan China di bidang militer dan militer-teknis telah berkembang sangat baik,” katanya kepada Putin yang sudah diterjemahkan.

China telah mengumumkan rencana kunjungan Li ke Rusia, tetapi saat itu disebut bakal bertemu pejabat pertahanan tidak menyebut pertemuan dengan Putin.

Li telah disanksi Amerika Serikat sejak 2018 atas pembelian pesawat dan peralatan tempur dari eksportir senjata utama Rusia, Rosoboronexport.

 

 

 

 

 

 

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar : CNBC Indonesia

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *