PM Timor Leste Ketemu Jokowi, Bahas Perbatasan Hingga ASEAN

Presiden Joko Widodo bertemu dengan Perdana Menteri Timor Leste Taur Matan Ruak bertemu di Istana Bogor pada Senin, 13 Februari kemarin. Dalam kunjungan resmi ini, dibahas beberapa isu kerja sama bilateral, termasuk tindak lanjut atas kunjungan Presiden Timor-Leste, Ramos-Horta pada tahun lalu.

Dalam pertemuan tersebut, kedua pihak membahas kerja sama ekonomi, salah satunya mendorong pembentukan pembangunan kawasan ekonomi di wilayah perbatasan NTT-Oecusse dan mendorong dimulainya perundingan pembentukan Bilateral Investment Agreement antara kedua negara.

“Terkait kerja sama konektivitas, Presiden RI menyambut baik rencana peluncuran perdana bis rute Kupang-Dili dalam waktu dekat dan mendorong penurunan biaya logistik transportasi laut untuk tingkatkan kegiatan bisnis kedua negara,” demikian dikutip dari pernyataan Kementerian Luar Negeri, Selasa, 14 Februari 2023.

Presiden Jokowi juga mendorong penyelesaian perundingan perbatasan darat kedua negara yang masih tersisa dua segmen, yakni Segmen Noel Besi-Citrana dan Bijael Sunan-Oben. Ia pun mendorong peningkatan kemakmuran masyarakat di perbatasan antara lain melalui revitalisasi Joint Border Committee dan pasar-pasar perbatasan.

Timor-Leste mengapresiasi peran Indonesia sehingga dapat menjadi anggota ASEAN secara prinsip. “Indonesia sebagai Ketua ASEAN 2023 ini akan memimpin pembahasan Peta Jalan Partisipasi Penuh Timor-Leste di ASEAN,” sambung mereka.

Kunjungan resmi PM Timor-Leste ke Indonesia ini telah menghasilkan 5 kesepakatan yang dituangkan dalam dokumen kerja sama di bidang, pendidikan tinggi, pengembangan SDM dan pertukaran pengetahuan, teknik perindustrian, kerja sama meteorologi, klimatologi, dan geofisika, serta pembangunan kawasan ekonomi di perbatasan NTT-Oecusse.

Kunjungan resmi PM Timor-Leste juga bersamaan dengan penerapan kembali status bebas visa bagi warga negara Timor-Leste oleh Pemerintah Indonesia setelah sebelumnya dihentikan sementara akibat pandemi Covid-19.

 

 

 

 

 

Sumber : medcom.id
Gambar : MSN

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *