Markas Koarmada I TNI AL Dipindah dari Jakarta ke Tanjungpinang

Markas Komando Armada I TNI AL yang sebelumnya berada di Jakarta, resmi dipindah ke Tanjung Pinang, Kepulauan Riau. Pemindahan markas Koarmada I itu diresmikan saat peringatan Hari Armada pada Senin kemarin (5/12).

Wakil Kepala Staf Angkatan Laut (Wakasal) Laksamana Madya Ahmadi Heri Purwono memimpin upacara peringatan Hari Armada sekaligus peresmian markas.

Heri mengatakan pemindahan Mako Koarmada I itu akan meningkatkan mobilitas dan mempercepat waktu pengerahan kekuatan kapanpun dan di manapun dibutuhkan.

“Kita semua patut merasa bangga, karena selama pengabdiannya, Koarmada RI telah tumbuh dan berkembang serta menunjukkan jati diri sebagai elemen utama pertahanan negara di laut,” kata Heri dalam keterangan tertulis.

Seiring pindahnya Mako Kormada I ke Tanjungpinang, maka satuan di bawahnya juga ikut pindah, di antaranya Markas Komando Pangkalan Utama TNI IV/Tanjungpinang pindah ke Batam.

Lalu Pangkalan TNI AL Batam pindah ke Tanjunguban, Kabupaten Bintan. Sedangkan Gugus Tempur Laut Komando Armada I dari Jakarta pindah ke Ranai, Kabupaten Kepulauan Natuna.

Sementara itu, Gugus Keamanan Laut Komando Armada I pindah dari Batam ke Sabang, Aceh.

 

 

 

 

Sumber : medcom.id
Gambar : CNN Indonesia

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *