Jokowi dan MBZ Resmikan Masjid Raya Sheikh Zayed di Solo

Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan Presiden Uni Emirate Arab (UEA) Mohammed bin Zayed Al Nahyan (MBZ) meresmikan Masjid Raya Sheikh Zayed yang berlokasi di Solo Jawa Tengah, Senin (14/11/2022). Adapun masjid tersebut merupakan hadiah dari MBZ untuk Jokowi.

Berdasarkan pantauan di Youtube Sekretariat Presiden, Jokowi dan MBZ tiba di lokasi sekitar pukul 07.20 WIB. Kedatangan Jokowi dan MBZ disambut oleh para warga sekitar yang menunggu di pinggir jalan.

Kemudian, Jokowi dan MBZ masuk ke dalam Masjid Raya Sheikh Zayed untuk melakukan salat sunnah terlebih dahulu. Setelah itu, keduanya melakukan penandatangan di sebuah prasasti.

Acara dilanjutkan dengan pembacaan doa. Jokowi dan MBZ lalu menuju halaman masjid untuk melakukan penanaman pohon sala. Acara pun diakhiri dengan foto bersama.

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengatakan bahwa masjid ini mampu menampung sekitar 10.000 jemaah. Selain itu, kata dia, masjid ini menjadi pusat pengajaran Islam di Kota Solo.

“Masjid Raya Syeikh Zayed akan menjadi simbol persahabatan dua negara muslim terbesar di dunia,” kata Gibran dikutip dari akun Twitternya, Senin (14/11/2022).

Sejumlah pejabat negara yang hadir, yakni,dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri BUMN Erick Thohir. Kemudian, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, dan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka

Sebagai informasi, masjid tersebut merupakan hadiah untuk Jokowi yang diberikan pada Juli 2019, usai Presiden MBZ melakukan kunjungan kerja ke Indonesia.

Gambarkan Persahabatan

Kantor Staf Presiden mengatakan bahwa anggaran dan desain dari masjid tersebut ditanggung oleh pemerintah UEA. Adapun desain Masjid ini nantinya akan menggambarkan persahabatan Indonesia-UEA.

Masjid Raya Sheikh Zayed di Solo ini tampak sangat megah dan besar. Masjid ini didominasi oleh warna putih, dengan sedikit sentuhan warna emas.

 

 

 

 

Sumber : liputan6.com
Gambar : Rakyat Merdeka

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *