Fed Beri Sinyal Perlambatan Kenaikan Suku Bunga, Dolar Rontok

Dolar AS melemah terhadap sebagian besar mata uang utama pada akhir perdagangan Selasa (Rabu pagi WIB), di tengah ekspektasi Federal Reserve akan memberi sinyal pengetatan yang lebih lambat pada pertemuan mendatang.

Investor secara luas memperkirakan The Fed minggu ini akan menaikkan suku bunga acuan overnight sebesar 75 basis poin (bps) ke kisaran 3,75 persen hingga 4,00 persen. Peningkatan suku bunga tersebut tersebut akan menjadi kenaikan keempat berturut-turut.

Tetapi untuk Desember, pasar berjangka dana Fed telah memperkirakan probabilitas 57 persen untuk kenaikan 50 basis poin ditengah pernyataan dari pejabat Fed tentang potensi perlambatan dalam langkah pengetatan.

“Ada beberapa optimisme mungkin ada perubahan dalam bahasa setelah pertemuan FOMC (Komite Pasar Terbuka Federal) minggu ini yang akan menyiratkan perlambatan bisa datang untuk waktu berikutnya,” kata Kepala Penasihat Risiko Valas di Silicon Valley Bank di San Francisco, Ivan Asensio dilansir Antara, Rabu, 2 November 2022.

Sementara itu, Bank sentral Inggris (BoE) juga mengadakan rapat minggu ini dan diperkirakan akan memberikan kenaikan 75 basis poin juga. Pedagang kemudian memperkirakan BoE akan melambat dan menaikkan suku bunga sebesar 50 basis poin pada Desember.

Pada perdagangan sore, dolar turun 0,4 persen menjadi 148,2 yen. Poundsterling naik 0,1 persen menjadi 1,1479 dolar setelah turun lebih dari 1,0 persen pada Senin, 31 Oktober 2022. Sedangkan euro beringsut lebih rendah menjadi 0,9878 dolar.

Indeks dolar AS, yang mengukur greenback terhadap enam mata uang utama rivalnya, termasuk euro, poundsterling dan yen, sedikit lebih rendah di 111,49.

Namun, indeks dolar telah melonjak lebih dari 15 persen tahun ini karena The Fed telah menaikkan suku bunga dengan tajam, menghancurkan mata uang lain dan menumpuk tekanan pada ekonomi global.

Oleh karena itu, investor bersorak menyambut pidato dan wawancara oleh beberapa pejabat Fed yang menyatakan bank sentral dapat melakukan kenaikan yang lebih kecil setelah pertemuan Rabu.

 

 

 

 

Sumber : medcom.id
Gambar : Detik.com

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *