Luar Biasa! Inflasi Argentina Capai 83%

Institut Statistik dan Sensus Nasional (INDEC) mencatat inflasi di Argentina mencapai 83 persen pada September secara tahun-ke-tahun. Angka ini merupakan yang tertinggi dalam 30 tahun.

Melansir Xinhua, Senin, 17 Oktober 2022, Negara Amerika Selatan itu mengalami kenaikan harga sebesar 6,2 persen pada September dibandingkan dengan Agustus. Serta lonjakan harga sebesar 66,1 persen dalam sembilan bulan pertama tahun ini.

Kenaikan harga year-on-year adalah yang tertinggi yang dicatat oleh negara itu sejak Desember 1991.

INDEC melaporkan, sektor dengan variasi harga tahun-ke-tahun terbesar adalah pakaian (118 persen), restoran dan hotel (99 persen), makanan dan minuman non-alkohol (86,6 persen), dan barang dan jasa lain-lain (81,2 persen).

Secara umum, harga barang naik 87,6 persen tahun-ke-tahun, sementara jasa naik 71,5 persen. Pemerintah mengatakan memerangi inflasi adalah salah satu prioritas utamanya.

Menurut survei terbaru Bank Sentral Argentina, inflasi di negara Amerika Selatan itu bisa mencapai tiga digit pada akhir tahun, naik menjadi 100,3 persen.

Sebelumnya, tingkat Inflasi di Argentina meningkat menjadi 78,50 persen pada Agustus. Posisi inflasi pada Juli 2022 adalah 71 persen.

 

 

 

 

 

Sumber : medcom.id
Gambar : medcom.id

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *