Mantap Jiwa! Suku Bunga Acuan Argentina Meroket 550 Bps Gara-gara Ledakan Inflasi

Bank sentral Argentina menaikkan suku bunga acuan negara itu sebanyak 550 basis poin menjadi 75 persen pada Kamis waktu setempat (Jumat WIB). Upaya itu dilakukan sehari setelah inflasi melampaui perkiraan mendekati 80 persen pada basis tahunan.

Mengutip Antara, Jumat, 16 September 2022, kenaikan tersebut mengikuti kenaikan 950 basis poin pada Agustus untuk suku bunga acuan Leliq 28 hari. Hal itu karena pemerintah mencoba untuk menurunkan harga-harga yang melonjak yang merugikan tabungan dan gaji Argentina serta merusak popularitas pemerintah Peronis.

Tingkat suku bunga riil yang positif juga merupakan salah satu poin yang disepakati antara Argentina dan Dana Moneter Internasional (IMF) dalam kesepakatan pinjaman baru senilai USD44 miliar yang dibutuhkan negara itu untuk memenuhi kewajiban pembayaran utang yang akan datang.

Reuters melaporkan pada awal September, mengutip sumber yang mengetahui diskusi tersebut, bank sentral Argentina berencana untuk menaikkan suku bunga menjadi 75 persen bulan ini karena tingginya tingkat inflasi.

 

 

 

 

 

Sumber : medcom.id
Gambar : medcom.id

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *