Usai Lawat Jepang, Jokowi ke Korsel Temui Presiden Yoon Suk Yeol

Presiden Joko Widodo akan bertemu Presiden Korea Selatan, Yoon Suk Yeol hari ini, Kamis (28/7) usai bertemu Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida di hari sebelumnya.

“Presiden Joko Widodo dan Ibu Iriana Joko Widodo melanjutkan kunjungan kerjanya ke Seoul, Korea Selatan, pada Rabu petang, 27 Juli 2022,” demikian bunyi pernyataan resmi Sekretariat Presiden RI.

Jokowi dan rombongan berangkat dari Bandar Udara Haneda di Tokyo sekitar pukul 18.30 waktu setempat.

Dalam kunjungan Jokowi ke Korea Selatan sejumlah pejabat RI turut mendampingi. Mereka di antaranya Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri BUMN Erick Thohir, dan Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia.

Sebelum ke Korsel, Jokowi bertemu dengan Kishida di Kantor Perdana Menteri Jepang di Tokyo.

Dalam pertemuan itu kedua pihak membahas banyak hal. Mulai dari isu kawasan termasuk Myanmar, investasi, perdagangan, penguatan pertahanan, dan kesediaan Jepang berpartisipasi dalam latihan gabungan militer Agustus mendatang.

Selain itu, Kishida juga mendukung keketuan Indonesia dalam G20. Di lawatan ini, Jokowi berharap sang PM bisa menghadiri acara puncak forum ekonomi yang berlangsung di Bali pada November mendatang.

Di Jepang, Jokowi juga berjumpa dengan Kaisar Naruhito. Ia lantas meminta sang kaisar dan permaisuri untuk mengunjungi Indonesia.

Kunjungan Jokowi ke Korsel hari ini akan menjadi penutup rangkaian tur sang presiden RI ke Asia Timur.

 

 

 

 

 

 

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar : CNN Indonesia

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *