Inul Daratista Luncurkan Aplikasi dan Harapannya Bisa Bantu Pelaku UMKM

Penyanyi dangdut Inul Daratista baru saja meluncurkan aplikasi bernama Keyta.

Aplikasi keyta dirancang dalam bentuk keyboard untuk memudahkan para pelaku UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) memasarkan produk jualannya secara online.

Pada hari peluncuran Keyta, Inul menceritakan awal mula ia tertarik membuat aplikasi hingga senang bisa bantu pelaku UMKM.

Inul mengatakan, aplikasi ini dibuat awalnya dari keresahannya sebagai pelaku UMKM untuk memasarkan produknya secara online.

“Karena aku sebagai pelaku UMKM. Jualan saya yang kecil- kecil banyak ya. Jadi ini sangat membantu banget karena sebelum-sebelumnya pusing bagaimana semua ter-handle dengan bagus, dengan rapi,” ujar Inul di kawasan Pejaten, Jakarta Selatan, Selasa (22/2/2022).

Saat mengalami kesulitan untuk memasarkan jualan onlinenya itu, ia dikenalkan kepada keponakan temannya yang bernama Jacqueline Latip.

Inul pun menceritakan masalahnya sebagai pelaku UMKM ke Jacqueline. Kebetulan Jacqueline juga mengalami hal yang sama seperti Inul.

Dari situ, Jacqueline dan Inul berpikir untuk membuat suatu aplikasi yang bisa memudahkan para penjual online mengoptimalkan produktivitasnya. Akhirnya terciptalah Keyta.

Inul mengatakan, kehadiran Keyta sejalan dengan program pemerintah yang mau mendukung UMKM menjadi digital.

Bisa meluncurkan aplikasi yang bermanfaat bagi orang banyak menjadi kebanggaan tersendiri buat pelantun “Goyang Ngebor” ini.

Sebab ini adalah impiannya untuk membantu para pelaku usaha kecil memasarkan produknya dengan mudah.

“Bangga banget pokoknya kalau ada yang ngomong backup siapa (bisa buat aplikasi), enggak ada backup siapa pun. Ini murni kerja keras teman-teman, bestfriend aku, tim aku, manajemen Inul. Aku ucapin terima kasih,” kata Inul.

Inul berharap dengan kehadiran Keyta para pelaku UMKM terbantu memasarkan jualannya lewat online.

Para pelaku UMKM yang hendak menggunakan Keyta ini bisa men-download-nya lewat Play Store.

Fitur-fitur seperti auto text, cek ongkir, buat invoice, rekap transaksi dan pesan kurir membuat semua pekerjaan pelaku UMKM lebih ringan.

“Ya harapan saya aplikasi keyboard ini bisa dinikmati teman-teman pelaku bisnis ysng sangat memerlukan aplikasi ini. Sangat membantu sekali ibaratnya ini artis, ini artis multitalenta. Semua bisa digunakan dengan baik dari bawah sampai atas,” tutur Inul.

 

 

Sumber : kompas.com
Gambar : Grid.ID

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *