Dua RT Zona Merah Covid di Jakarta Terapkan Micro Lockdown

Penyebaran virus corona (Covid-19) di Jakarta kembali meningkat dalam beberapa waktu terakhir. Saat ini, ada dua RT yang berstatus zona merah penyebaran Covid-19. Kedua RT tersebut diterapkan micro lockdown.

Dua RT yang berstatus zona merah yakni; RT 10/RW 02, Kelurahan Krukut, Kecamatan Taman Sari, Jakarta Barat dengan kasus aktif mencapai 15 orang yang terdiri dari 7 rumah. Kemudian, RT 07/RW 01 Kelurahan Pasar Manggis, Kecamatan Setiabudi, Jakarta Selatan, dengan kasus aktif mencapai 10 orang yang terdiri dari 6 rumah.

“Untuk pemberlaukan micro lockdown, karena masuk dalam kategori zona merah akibat kasus aktif di atas 5 rumah dan incident rate (ir) kasus aktif cukup tinggi,” kata Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria, Selasa malam (25/1).

Pemprov DKI juga mencatat masih ada sekitar 1.652 RT yang masuk dalam kategori zona rawan Covid-19 dengan kategori kuning, oranye, dan merah. Rinciannya, Jakarta Pusat terdapat 239 RT zona rawan, Jakarta Timur 296 RT, Jakarta Barat 444 RT, Jakarta Selatan 443 RT, dan Jakarta Utara 230 RT.

RT zona rawan merupakan RT yang memiliki tingkat risiko tinggi penularan Covid-19. Data RT rawan ini sebagai dasar perhitungan untuk penerapan wilayah pengendalian ketat (WPK) periode 24-30 Januari 2022.

Jumlah kasus positif di Jakarta juga kembali bertambah pada Selasa (25/1). Tercatat, kemarin terdapat tambahan 2.190 kasus di Jakarta, sehingga total kasus positif di Jakarta mencapai 883.490.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Dinas Kesehatan, Dwi Oktavia mengatakan dari jumlah tersebut, sebanyak 12.196 merupakan kasus aktif. Mereka masih menjalani perawatan atau isolasi.

“Perlu digarisbawahi bahwa 10.299 orang dari jumlah kasus aktif (84,4 persen) merupakan transmisi lokal, sedangkan sisanya adalah pelaku perjalanan luar negeri,” ujar Dwi.

Dwi juga membeberkan saat ini ada 1.697 orang yang terinfeksi virus corona varian Omicron. Dari jumlah tersebut, sebanyak 1.166 orang merupakan pelaku perjalanan luar negeri, sedangkan 531 lainnya transmisi lokal.

 

 

 

 

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar : CNN Indonesia

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *