PM Inggris Isoman Usai Rapat dengan Menkes Positif Covid

Perdana Menteri Inggris, Boris Johnson, dilaporkan sempat tidak akan menjalani isolasi mandiri setelah sempat rapat dengan Menteri Kesehatan, Sajid Javid, yang kemudian dinyatakan positif virus corona (Covid-19).

Dilansir Associated Press, Senin (19/7), menurut pernyataan kantor Perdana Menteri Inggris, Johnson bakal menjalani pemeriksaan Covid-19 setiap hari sebagai ganti isolasi mandiri untuk memantau kondisi kesehatannya. Namun, Johnson akhirnya mengubah keputusan itu dan menyatakan dia dan Menteri Keuangan, Rishi Sunak, bakal menjalani isolasi mandiri sesuai aturan yang berlaku.

“Kami mempertimbangkan gagasan supaya kami tetap melakukan kegiatan utama, tetapi saya pikir penting bagi semua orang untuk tetap mengikuti aturan,” kata Johnson dalam sebuah pernyataan melalui rekaman video dari tempat peristirahatannya.

Johnson mengatakan dia dan Sunak akan menjalani isolasi mandiri hingga 26 Juli mendatang.

Keputusan Johnson yang sempat tidak akan menjalani isolasi mandiri menuai kritik dari kelompok oposisi.

“Bangun pagi ini dan mendengar ada aturan khusus terhadap Boris Johnson dan Rishi Sunak yang seolah memperlihatkan mereka dan rakyat punya aturan yang berbeda,” kata Juru Bicara Partai Buruh, Jonathan Ashworth.

Menurut aturan di Inggris, setiap orang yang melakukan kontak erat dengan orang yang terinfeksi Covid-19 wajib melakukan isolasi mandiri selama sepuluh hari. Javid dinyatakan positif Covid-19 pada Sabtu pekan lalu.

Johnson sempat positif Covid-19 pada April 2020. Dia lantas dirawat tiga pekan di unit perawatan intensif di rumah sakit.

Di sisi lain, Johnson juga berencana melonggarkan penguncian wilayah (lockdown) di Inggris meski penambahan kasus baru Covid-19 di negara masih tinggi, yakni mencapai 54 ribu orang pada akhir pekan lalu.

Dia berencana membuka kembali tempat hiburan malam sejak ditutup pada Maret 2020. Namun, jumlah pengunjung tetap harus dibatasi di tempat hiburan dan arena olahraga.

Selain itu pemerintah Inggris juga berencana tidak mewajibkan penggunaan masker di dalam ruangan dan akan mencoba hidup berdampingan dengan Covid-19.

 

 

 

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar : Detikcom

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *