135 Juta Bibit Pohon Disiapkan untuk Ditanam di 2020

Pemerintah menyiapkan 135 juta batang bibit pohon untuk ditanam pada 2020. Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) akan mengintensifkan penanaman pohon sebagai salah satu upaya memitigasi bencana.

“Penanaman pohon harus dikerjakan secara sistematis dan terkontrol, sehingga betul-betul untuk tujuan pemulihan lingkungan dan kesejahteraan masyarakat,” ujar Menteri LHK Siti Nurbaya, Rabu, 5 Februari 2020.

Siti menegaskan penanaman pohon akan lebih banyak melibatkan masyarakat. Langkah ini dilakukan agar gerakan menanam pohon menjadi gerakan yang masif.

Sebanyak 135 juta batang bibit ini rencananya akan tersebar di seluruh Indonesia. Agar pasokan bibit mudah didapat, Siti memerintahkan jajarannya untuk banyak membuka Kebun Bibit Desa (KBD).

“Saya telah memerintahkan agar dibuat persemaian KBD agar masyarakat mudah mengambil bibit dan melakukan penanaman. Kapasitas bibit minimal 60 ribu batang,” kata dia.

Siti juga menugaskan jajarannya untuk membuat kebun bibit (nursery) modern di lima wilayah destinasi wisata, termasuk di kawasan rencana lokasi ibu kota negara di Kalimantan Timur. Kapasitasnya direncanakan 12 juta hingga 15 juta bibit per tahun.

Adapun KBR yang dibutuhkan sebanyak 1.063 unit dengan kapasitas hingga 30 ribu batang bibit di lokasi-lokasi terdekat yang harus ditanami. “Kegiatan ini harus berkelanjutan dan konsisten agar pemulihan lingkungan bisa optimal,” sebutnya.

Pada 2019 pemerintah telah menanam pohon di 207 ribu hektare lahan di Indonesia. Total disediakan 289 juta batang bibit pohon. Jumlah ini 10 kali lipat lebih besar dari kondisi rata-rata areal yang ditanami di tahun-tahun sebelumnya.

 

 

 

 

Sumber : medcom.id
Gambar : bisnis.tempo.co

 

 

 

[social_warfare buttons=”Facebook,Pinterest,LinkedIn,Twitter,Total”]

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *