PM Muhyiddin Akan Serahkan Jajaran Kabinet ke Raja Malaysia

Perdana Menteri Malaysia Muhyiddin Yassin akan segera menyerahkan jajaran kabinetnya kepada Raja Malaysia Sultan Abdullah Shah. Penyerahan dilaporkan akan dilakukan hari ini, Senin 9 Maret 2020, pukul 11 .00 pagi waktu setempat.

Dilansir dari Channel News Asia, dalam sebuah pernyataan kantor perdana menteri menyampaikan pengumuman kabinet akan dilaksanakan pada hari ini juga, pukul 17.00 waktu setempat. Namun, pengumuman akan dilakukan bila semua semua jajaran kabinet yang diajukan Muhyiddin disetujui raja.

“Pengumuman kabinet diperkirakan akan dilakukan pada Senin, 9 Maret 2020 17.00 di Putrajaya,” kata Kantor Perdana Menteri dalam sebuah pernyataan.

Muhyiddin, 72, dilantik sebagai perdana menteri ke-8 Malaysia di Istana Negara, Kuala Lumpur pada 1 Maret lalu.

Sebuah koalisi baru dibentuk oleh Parti Pribumi Bersatu Malaysia di bawah kepemimpinan Muhyiddin, Organisasi Nasional Melayu Bersatu, Parti Islam Se-Malaysia dan lainnya. Mereka mengambil alih kekuasaan federal dari mantan koalisi yang berkuasa, Pakatan Harapan.

Ini terjadi setelah pengunduran Mahathir Mohamad yang tidak terduga sebagai perdana menteri pada 24 Februari lalu. Setelahnya, koalisi Pakatan Harapan runtuh dan pertempuran kekuasaan terjadi yang menyebabkan kekacauan politik di Negeri Jiran.

Istana mengatakan penunjukkan Muhyiddin merupakan panggilan kewajiban, setelah raja menemui semua anggota parlemen dan para pemimpin berbagai partai politik sebelumnya. Muhyiddin dianggap sebagai orang yang cenderung memimpin mayoritas di Parlemen.

 

 

 

 

Sumber : medcom.id
Gambar : SULSELONLINE.com

 

 

 

[social_warfare buttons=”Facebook,Pinterest,LinkedIn,Twitter,Total”]

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *