Jumlah Korban Melonjak, Italia Kedua Terbanyak Kasus Corona

Italia menjadi negara dengan korban Virus Corona tertinggi kedua di dunia di bawah China setelah terjadi lonjakan jumlah kematian akibat wabah itu pada Minggu (8/3).

Menurut badan perlindungan sipil Italia, jumlah korban tewas mencapai 366 orang, dari yang sebelumnya 133 korban. Sebagian besar kematian terjadi di wilayah Lombardy.

Dengan jumlah ini, Negara pizza pun memiliki jumlah kematian ter banyak akibat virus corona di luar China, atau infeksi Covid-19 kedua terbanyak di dunia, setelah jumlah kasus naik tajam, dari yang sebelumnya 1.492 menjadi 7.375 kasus.

Korea Selatan membuntuti di peringkat ketiga dengan 7.313 kasus, meski tingkat penyebarannya melambat pada Minggu (8/3).

Kepala badan perlindungan sipil Angelo Borrelli mengatakan Italia memesan 22 juta masker bedah untuk membantu menghentikan penyebaran virus ini.

Diketahui, Italia sebelumnya mengisolasi sekitar 15 juta orang di bagian utara, termasuk kota Venesia dan Milan, demi menahan penyebaran virus itu.

Meski begitu, pemerintah setempat tidak menjelaskan catra mencegah orang pergi dari lokasi-lokasi itu.

Langkah-langkah pencegahan juga diberlakukan di seluruh negeri, termasuk penutupan semua museum dan monumen.

Kerusuhan di Penjara

Kebijakan pemerintah untuk membatasi kontak antar-manusia terkait Virus Corona pun memicu kerusuhan di dalam penjara. Satu tahanan dilaporkan tewas.

AFP melaporkan bahwa narapidana di empat penjara, yakni di penjara-penjara di Naples Poggioreale, Modena, Frosinone, dan Alexandria, memberontak pada Minggu (8/3) terhadap aturan baru terkait Virus Corona, salah satunya, melarang kunjungan keluarga.

Insiden kericuhan di Modena, yang dekat dengan Bologna, disebut menewaskan seorang narapidana, melukai dua sipir, membuat 20 orang staf lainnya dievakuasi. Penjara kini dijaga oleh polisi.

“Semua tindakan yang perlu harus diambil untuk memastikan hak para tahanan dipenuhi, menghentikan peningkatan ketegangan ini, dan mencegah kematian. Satu kematian sudah terlalu banyak,” kata kelompok HAM Antigone.

Di Frosinone, yang berada di selatan Roma, sekitar seratus tahanan memasang barikade di salah satu bagian tahanan. Polisi pun dipanggil untuk memulihkan keamanan.

Para tahanan kemudian menyusun daftar tuntutan, termasuk hak untuk mendapat kunjungan dari orang yang mereka cintai, dan mencoba bernegosiasi dengan manajemen penjara.

Sementara, keluarga beberapa tahanan di Poggioreale, pinggiran kota Napoli, berkumpul di luar penjara untuk mendukung anggota keluarganya di tahanan.

Per Minggu (8/3), korban Virus Corona secara global mencapai 109.032 orang di 99 negara. Sebanyak 3.792 di antaranya meninggal.

China masih jadi yang terbanyak dengan 80.695 kasus dan 3.097 kematian; Italia menyusul dengan 7.375 kasus dan 366 korban tewas.

Korea Selatan dengan 7,313 kasus dan 48 kematian, Iran yang memiliki 6,566 kasus dan 194 kematian, serta Prancis dengan 1.126 kasus dan 19 korban tewas.

 

 

 

 

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar : Riaulink.com

 

 

 

 

[social_warfare buttons=”Facebook,Pinterest,LinkedIn,Twitter,Total”]

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *