Kabar Baik AS-China Bawa Harga Minyak Mentah Naik

Harga minyak mentah dunia naik pada perdagangan pagi ini, Jumat (15/11/2019). Kenaikan harga minyak dipicu oleh optimisme damai dagang AS-China dan rilis laporan bulanan OPEC.

Harga minyak mentah kontrak jenis Brent naik 0,4% menjadi US$ 62,53/barel, sementara minyak mentah jenis West Texas Intermediate naik 0,48% menjadi US$ 57,04/barel dibanding penutupan pada perdagangan kemarin.

Optimisme damai dagang kembali hadir setelah hubungan AS-China memanas beberapa hari terakhir. Mengutip Reuters kemarin (14/11/2019) penasihat ekonomi Gedung Putih, Larry Kudlow memberikan keterangan bahwa negosiasi dengan Beijing berjalan konstruktif. Larry mengatakan dua raksasa ekonomi dunia ini akan mencapai kesepakatan dalam waktu dekat setelah melakukan perundingan intensif melalui telepon

Perang dagang yang terjadi kurang lebih dalam 16 bulan terakhir telah membawa guncangan terhadap perekonomian global. Ekonomi AS maupun China juga mengalami perlambatan pertumbuhan.

Ketika dua raksasa ekonomi dengan konsumsi minyak mentah terbesar di dunia mengalami perlambatan, maka permintaan energi pun ikut terpangkas. Permintaan minyak menjadi terpangkas. Itu lah yang dikhawatirkan selama ini.

Kemarin organisasi pengekspor minyak (OPEC) merilis laporan bulanan. Hasilnya permintaan minyak tahun depan diprediksi menurun. Permintaan minyak yang diprediksi turun membuat OPEC dan koleganya yang tergabung dalam OPEC+ kembali akan menekan produksi minyak untuk menstabilkan harga.

Sejak Januari lalu OPEC+ telah sepakat untuk memangkas produksi minyak hingga 1,2 juta barel per hari (bpd). Pada Juli tahun ini kesepakatan tersebut diperpanjang hingga Maret tahun depan.

 

 

 

 

Sumber : cnbcindonesia.com
Gambar : Liputan6.com

 

 

 

 

[social_warfare buttons=”Facebook,Pinterest,LinkedIn,Twitter,Total”]

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *