Hingga Mei 2019, Hanya 12% Film Indonesia Menjadi Box Office

Dari 50 judul film Indonesia yang tayang pada Januari-Mei 2019, hanya 6 judul film yang jumlah penontonnya mencapai 1 juta.

Sampai di pertengahan Mei 2019, terdapat 50 film Indonesia yang telah ditayangkan di seluruh bioskop Indonesia. Namun, hanya enam film yang bisa meraup lebih dari 1 juta penonton.

“Jadi di awal tahun ini, kira-kira 12% yang menjadi box office,” kata Catherine Keng, Corporate Communication CINEMA 21, Rabu (26/6).

Di antara film yang menjadi box office tersebut adalah Dilan 1991, My Stupid Boss 2, Keluarga Cemara dan Preman Pensiun, Orang Kaya Baru serta Yowis Ben 2.

Selebihnya, sebanyak 44 judul film mendapatkan penonton dibawah 1 juta orang. Bahkan, ada 23 judul film Indonesia yang jumlah penontonnya di bawah 100 ribu orang selama ditayangkan di bioskop.

Menurut Catherine Keng, film-film yang ‘tidak laku’ selama diputar di bioskop itu sebenarnya menjadi beban bagi film-film yang kemungkinan bisa masuk dalam jajaran box office di Indonesia.

Tahun ini, Catherine Keng mencatat, Grup 21 mengelola 353 bioskop yang memiliki 1.861 layar di seluruh Indonesia. Bioskop-bioskop tersebut memutarkan film-film Indonesia maupun luar negeri.

 

 

 

Sumber : katadata.co.id
Gambar : katadata

 

 

 

[social_warfare buttons=”Facebook,Pinterest,LinkedIn,Twitter,Total”]

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *