Mundur Dari Partai, Angela Merkel Tak Lagi Maju Pemilu

Kanselir Jerman Angela Merkel menyatakan tidak akan maju kembali dalam pemilihan umum mendatang. Dia juga memutuskan mundur dari kursi Ketua Umum Partai Uni Demokrat Kristen (CDU) yang sudah dijabatnya selama 18 tahun.

Sebagaimana dilansir CNN, Senin (29/10), Merkel menyampaikan keputusan itu dalam rapat petinggi partai. Dia menyatakan tidak akan maju dalam konvensi digelar Partai CDU pada Desember mendatang.

Meski demikian, Merkel menyatakan tetap ingin bertahan sebagai kanselir. Posisi itu sudah dijabatnya sejak 2005 lalu.

“Ini adalah masa jabatan terakhir saya sebagai kanselir. Saya juga tidak berniat maju menjadi anggota legislatif. Saya tidak akan mencari jabatan politik setelah masa pemerintahan saya berakhir pada 2021,” kata Merkel dalam jumpa pers, sebagaimana dilansir Reuters.

Banyak pihak melihat hal ini adalah wujud melemahnya pengaruh Merkel di dalam partai. Pamornya sebagai kanselir juga dianggap semakin meredup.

Merkel menyatakan dia juga kecewa karena partainya kalah dalam pemilihan daerah di Negara Bagian Hesse dan Bavaria. Dia merasa sudah kehilangan kredibilitas sebagai pemerintah. Maka dari itu dia mengkritik koalisi partainya dengan Partai Sosial Demokrat (SDP).

Partai Uni Sosial Kristen (CSU) yang merupakan turunan CDU juga kalah telak dalam pemilihan umum di Bavaria. Maka dari itu mereka gagal menguasai legislatif. Hal ini menambah panjang daftar kegagalan Merkel dan para pendukungnya dalam dunia politik Jerman.

Merkel juga kerap dikritik habis soal kebijakannya yang dianggap terlampau ramah terhadap para pendatang. Terutama imigran dari negara-negara yang tengah berkecamuk akibat perang.

Meski begitu, Merkel berjanji tetap mempertahankan pemerintahan koalisinya. “Saya akan bekerja semampu saya,” kata Merkel.

 

 

 

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar : DW

 

 

[social_warfare buttons=”Facebook,Pinterest,LinkedIn,Twitter,Total”]

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *