BI Merilis Indonia, Suku Bunga Acuan Baru Pasar Uang

Bank Indonesia merilis instrumen keuangan baru mengenai suku bunga acuan pasar uang bernama Indonia.

Sebelumnya, BI sudah memiliki instrumen Jakarta Interbank Offered Rate (JIBOR).

Indonia merupakan benchmark rate yang ditetapkan oleh Bank Indonesia berdasarkan transaksi langsung di pasar uang untuk jangka waktu tenor satu malam (overnight).

Kepala Departemen Komunikasi Bank Indonesia, Agusman mengungkapkan, penerbitan benchmark rate tersebut akan mendorong terciptanya pasar uang yang likuid serta efisiensi transaksi di pasar uang sehingga mendukung stabilitas moneter dan sistem keuangan.

“Penggunaan Indonia sebagai benchmark rate, digunakan untuk valuasi transaksi derivatif suku bunga yang bersifat jangka pendek,” kata Agusman, dalam keterangan persnya, kemarin.

Sementara itu, JIBOR merupakan benchmark rate yang ditetapkan oleh Bank Indonesia berdasarkan kuotasi suku bunga indikasi yang disampaikan oleh Bank Kontributor.

Suku bunga yang disampaikan oleh Bank Kontributor merupakan suku bunga indikasi yang diharapkan dapat mencerminkan suku bunga pasar uang pada saat itu.

Penggunaan JIBOR sebagai benchmark rate pasar uang untuk transaksi dengan tenor yang lebih panjang mulai dari 1 minggu, 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan dan 12 bulan, biasanya digunakan sebagai acuan untuk valuasi transaksi derivatif suku bunga pasar uang yang bersifat jangka panjang.

Agusman menambahkan, penerbitan Indonia sebagai benchmark rate pasar uang berbasis transaksi akan mulai dilakukan pada tanggal 1 Agustus 2018.

Sementara JIBOR overnight tetap akan dipublikasikan hingga tanggal 31 Desember 2018.

Adanya proses transisi tersebut ditujukan agar Indonia mulai digunakan sebagai referensi atas suku bunga dan proses penyesuaian referensi yang digunakan dalam kontrak-kontrak keuangan dapat mulai berjalan.

“Per tanggal 2 Januari 2019, JIBOR overnight tidak lagi ditetapkan oleh Bank Indonesia dan JIBOR hanya akan terdiri dari 5 tenor yaitu 1 minggu, 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan dan 12 bulan,” pungkas Agusman.

 

 

 

 

Sumber Berita : Tribun Jateng
Sumber foto : Liputan6.com

 

 

[social_warfare buttons = “Facebook, Pinterest, LinkedIn, Twitter, Total”]

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *