Inggris Lolos ke Euro 2024 Usai Hajar Italia

Inggris berhasil mengalahkan Italia dengan skor 3-1 dalam Kualifikasi Euro 2024 di Wembley, Rabu (18/10) dini hari WIB.

Kemenangan atas Italia membuat Inggris mengoleksi 16 poin, unggul enam angka dari Italia dan Ukraina yang ada di posisi kedua dan ketiga. Dengan sisa dua laga dan Italia akan menghadapi Ukraina di sisa laga, Inggris sudah memastikan diri menggenggam tiket menuju Euro 2024.

Dari jalannya laga, Italia terlebih dulu berhasil mencuri gol di Wembley. Gol pertama Italia dicetak oleh Gianluca Scamacca pada menit ke-15.

Dalam proses gol ini, Italia menunjukkan kepiawaian mereka membongkar pertahanan Inggris lewat umpan dan kerja sama tim. Kerja sama Italia berbuah hasil manis saat umpan Domenico Berardi diterima Giovanni Di Lorenzo di sisi kiri pertahanan Inggris.

Di Lorenzo lalu mengirim umpan silang ke muka gawang. Scamacca berdiri di posisi yang bebas saat menyambut bola. Ia tanpa kesulitan melepaskan tembakan keras yang tak bisa dibendung Jordan Pickford.

Inggris kemudian mendapat tendangan penalti di menit ke-30. Penalti diberikan setelah Jude Bellingham dijatuhkan oleh Giovanni Di Lorenzo. Wasit terlebih dulu berdiskusi dengan wasit VAR sebelum mengambil keputusan tersebut.

Harry Kane maju sebagai eksekutor penalti. Harry Kane dengan dingin menaklukkan Gianluigi Donnarumma. Tendangan Harry Kane sukses mengecoh Donnarumma.

Inggris dan Italia terus saling serang di sisa waktu babak pertama namun tidak ada tambahan gol tercipta. Skor imbang 1-1 mengakhiri babak pertama.

Memasuki babak kedua, Inggris terlihat lebih dominan dan menguasai permainan. Three Lions beberapa kali mengancam gawang Italia.

Namun gol kedua Inggris justru hadir lewat serangan balik cepat. Jude Bellingham memimpin serangan balik Inggris dan mengirim bola ke Marcus Rashford.

Setelah gol tersebut, Inggris makin terlihat percaya diri. Inggris akhirnya sukses memperbesar keunggulan menjadi 3-1 lewat Harry Kane di menit ke-77.

Harry Kane sukses memanfaatkan kelengahan lini belakang Italia. Harry Kane bisa berlari dari tengah lapangan dan memperdaya Giorgio Scalvini dan Alessandro Bastoni. Berhadapan dengan Donnarumma, Harry Kane dengan dingin mengirim bola masuk ke dalam gawang.

Skor 3-1 untuk Inggris bertahan hingga akhir laga.

Inggris (4-2-3-1)

Jordan Pickford; Kyle Walker, John Stones, Harry Maguire, Kieran Trippier; Kalvin Phillips, Declan Rice; Phil Foden, Jude Bellingham, Marcus Rashford; Harry Kane

Italia (4-3-3)

Gianluigi Donnarumma; Giovanni Di Lorenzo, Giorgio Scalvini, Francesco Acerbi; Destiny Udogie; Davide Frattesi, Bryan Cristante, Nicola Barella; Domenico Berardi, Gianluca Scamacca, Stephan El Shaarawy.

 

 

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar : CNN Indonesia

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *