Persediaan Turun, Harga Minyak Dunia Memanas Lagi

Harga minyak dunia naik pada pembukaan perdagangan hari ini. Harga minyak dunia naik setelah data persediaan minyak mentah turun di atas ekspektasi. Penurunan persediaan minyak mentah bisa mengerek harga minyak dunia di tengah kenaikan permintaan pada tahun ini.

Melansir Investing.com, pada pembukaan perdagangan Rabu, 18 Oktober 2023, harga minyak mentah acuan brent naik 0,56 persen ke level USD91,44 per barel. Kemudian harga minyak mentah acuan West Texas Intermediate naik 1,93 persen ke level USD87,09 per barel.

Menurut The American Petroleum Institute (API), persediaan minyak mentah di Amerika Serikat turun 4,383 juta barel untuk pekan yang berakhir 13 Oktober. Persediaan minyak mentah melawan kenaikan besar persediaan minyak mentah sebesar 12,940 juta barel pada minggu sebelumnya. Analis memperkirakan penurunan sebesar 1,267 juta barel untuk minggu ini.

Departemen Energi (DoE) melaporkan persediaan minyak mentah di Cadangan Minyak Strategis (SPR) tetap sama untuk minggu kedua berturut-turut. Persediaan SPR masih berada pada level terendah dalam 40 tahun yaitu 351,3 juta barel, dengan total pembelian SPR kurang dari empat juta barel sejak Pemerintahan Joe Biden memulai program pembelian kembali.

Persediaan bensin

Persediaan bensin turun pada minggu ini sebesar 1,578 juta barel, sebagian mengimbangi peningkatan 3,645 juta barel pada minggu sebelumnya. Persediaan bensin kira-kira satu persen lebih banyak dari rata-rata lima tahun pada tahun ini, menurut data EIA.

Persediaan sulingan juga turun pada minggu ini, sebanyak 612 ribu barel, melebihi penurunan 3.535 barel pada minggu sebelumnya. Kini berada sekitar 11 persen di bawah rata-rata lima tahun pada tahun ini.

Persediaan Cushing melengkapi kerugian persediaan pada minggu ini dengan penurunan sebesar 1,005 juta barel, setelah turun sebesar 547 ribu barel pada minggu lalu, menyisakan sekitar 20,7 juta barel dalam persediaan, titik terendah sejak 2014.

 

 

 

 

 

Sumber : medcom.id
Gambar : Money Kompas

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *