Jakarta Doodle Fest Siap Digelar 3 Hari

Jakarta Doodle Fest (JDF) akan digelar tahun ini sebagai tanda perayaan perkembagan IP (Intellectual Property) di Indonesia.

JDF 2023 akan digelar selama 3 hari berturut-turut di M Bloc Space, Jakarta Selatan, pada 27 hingga 29 Oktober 2023.

Acara ini menjadi langkah baru bagi TFR News yang merupakan media online dengan fokus pada pembahasan seputar industri kreatif.

“JDF bermula dari komunitas TFR yang banyak bergerak di industri desain, ilustrasi, dan animasi. Terlihat dari konten-konten kami yang membahas HKI di industri desain paling diminati,” kata Christine Laifa selaku founder dan CEO TFR dari siaran pers yang diterima Kompas.com baru-baru ini.

“Kami ingin membuat acara untuk komunitas yang mendukung kami selama ini,” lanjut Christine.

Selama belangsung acara, JDF akan mengangkat tema berbeda dalam setiap harinya.

Pada hari pertama akan menyoroti seputar desain grafis dengan menggandeng Asosiasi Desain Grafis Indonesia (ADGI), Dan di hari kedua dan ketiga dengan tema ilustrasi dan seni multidimensi.

Nanti JDF akan dimeriahkan praktisi seni visual mulai dari desain grafis, illustrasi, desainer dan animasi.

Ada pula anggota Board of Doodlers (BoD), seperti Muklay, Senikanji, Naufal Abshar, dan Diela Maharani.

“Masih banyak IP dari industri desain yang dituangkan ke dalam buku, komik, karakter kartun atau ilustrasi, film, musik, merchandise seperti t-shirt, gantungan kunci, sticker, dan sebagainya,” tutur Christine lagi.

Christine menambahkan, lewat acara ini dia berharap IP dari industri desain dan visual art bisa semakin dikenal oleh banyak orang, dan tidak hanya khusus dari industri kreatif.

Selain akan membahas seputar IP, JDF membuka art market dari produk komik, mainan, buku dan merchandise.

Untuk art market akan dihadirkan seperti Phantasien, Senikanji, Si Juki, Telusur Kultur, Sarkodit, Junissa Studio, dan banyak lagi.

Kemudian untuk pameran, di antaranya ada Kolam Susu Studio, Alvinxki, Godmatter, WD Willy, dan Pushy Doodle yang karyanya dapat dinikmati dan dibeli dalam acara perdana JDF.

Jika ingin belajar dari berbagai kreator dalam workshop dan speaker sessions, pengunjung cukup merogoh kocek Rp175.000 per workshop dan Rp85.000 per speaker session.

Untuk pembelian tiket dapat dilakukan di Loket.com.

 

 

Sumber : kompas.com
Gambar : Kompas.com

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *