Malaysia Kirim Surat ke Indonesia Terkait Kabut Asap, Begini Tanggapan Dubes RI

Duta Besar RI untuk Malaysia Hermono mengonfirmasi adanya surat yang ditujukan pemerintah Negeri Jiran terkait dengan kabut asap kepada Indonesia. Ia mengatakan, surat tersebut ditujukan langsung kepada Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI.

“Surat itu ditujukan ke Menteri LHK, jadi yang harus merespons yang Menteri LHK,” katanya kepada Medcom.id dalam pesan singkat, Jumat, 6 Oktober 2023.

Meski demikian, KBRI Kuala Lumpur mendapatkan tembusan suratnya.

Hermono menambahkan, pagi ini cuaca di Kuala Lumpur khususnya, cukup cerah. Menurutnya, ibu kota Malaysia itu tidak termasuk kawasan yang terdampak.

“Semua WNI di Malaysia juga tetap beraktivitas seperti biasa,” sambungnya.

Meski demikian, ia mengakui adanya laporan penurunan kualitas udara di beberapa wilayah di Malaysia.

Sebelumnya, Menteri Lingkungan Hidup Malaysia Nik Nazmi Nik Ahmad mengatakan, ia telah mengirim surat kepada mitranya dari Indonesia pekan ini mengenai kabut asap.

“Kami menyampaikan surat untuk memberitahu pemerintah Indonesia dan mendesak mereka agar mengambil tindakan mengenai masalah ini,” katanya dalam sebuah wawancara.

Ia kembali menegaskan, sebagian besar titik api yang terindikasi kebakaran berada di Indonesia.

Tak hanya itu, Nik menambahkan, pemerintah juga telah mengirimkan surat kepada perusahaan perkebunan milik Malaysia yang beroperasi di Indonesia untuk memastikan mereka mematuhi hukum dan mencegah pembakaran.

 

 

 

 

 

Sumber : medcom.id
Gambar : iNews.ID

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *