Kim Jong-Un Kunjungi Pabrik Jet Tempur di Rusia

Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-Un tiba pada Jumat 14 September 2023 di kota Komsomolsk-on-Amur di Rusia timur jauh. Dia diperkirakan akan mengunjungi pabrik yang membuat jet tempur.

“Kunjungan tersebut adalah salah satu dari beberapa kunjungan yang dilakukan pemimpin Korea Utara dalam perjalanan sehari ke Rusia dan akan diikuti, dengan kunjungan ke Vladivostok di mana Kim akan melihat Armada Pasifik Rusia,” ujar Presiden Rusia Vladimir Putin, seperti dikutip Al-Arabiya.

Pada Rabu Kim bertemu dengan Presiden Rusia Vladimir Putin di Kosmodrom Vostochny, di mana ia disambut dengan jabat tangan selama 40 detik oleh Putin.

Washington telah memperingatkan bahwa pertemuan puncak mereka dapat menghasilkan kesepakatan bagi Korea Utara untuk memasok amunisi bagi perang Moskow di Ukraina, yang menurut para pejabat AS akan melanggar sanksi.

Ada kekhawatiran luas di Seoul bahwa Korea Utara akan menerima imbalan teknologi senjata canggih dari Rusia. Termasuk yang terkait dengan satelit mata-mata militer, yang akan meningkatkan ancaman program nuklir militer Kim.

Amunisi perang

Sebelumnya Kim Jong-Un dan Vladimir Putin dilaporkan membahas terkait masalah pasokan senjata dalam pertemuan di Negeri Beruang Merah.

Pembicaraan kedua pemimpin tersebut diawasi dengan ketat untuk mengetahui indikasi bahwa Kim telah setuju untuk memasok amunisi yang dibutuhkan Kremlin untuk perangnya di Ukraina.

Kim dan Putin sama-sama paria atau yang terisolasi dari Barat. Namun, perang di Ukraina telah meningkatkan signifikansi pemimpin Korea Utara tersebut bagi Kremlin.

Dia tiba di Rusia pada Selasa dari Korea Utara, setelah melakukan perjalanan ke pertemuan tersebut dengan kereta lapis baja, sebuah perjalanan yang memakan waktu berhari-hari.

Media berita Korea Utara melaporkan bahwa dia telah meninggalkan Pyongyang pada Minggu sore, dan Kremlin mengkonfirmasi kedatangannya di Rusia pada hari Selasa.

Meskipun ada sanksi internasional dan kesulitan ekonomi dalam negeri, Korea Utara memiliki salah satu kekuatan militer terbesar di dunia dan industri pertahanan yang kuat.

Juru Bicara Kremlin Dmitry Peskov mengatakan, “Kedua pemimpin akan membahas hubungan perdagangan dan ekonomi, dan kerja sama bilateral di bidang sensitif tertentu yang tidak boleh diungkapkan secara publik.”

Kim Jong-Un telah mengunjungi pabrik amunisi Korea Utara, mendesak mereka untuk mempercepat produksi berbagai peluncuran roket, senapan sniper, drone dan rudal.

 

 

 

 

 

 

Sumber : medcom.id
Gambar : medcom.id

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *