PM China Jajal Kereta Cepat Bareng Luhut Hari Ini

Perdana Menteri China Li Qiang bakal menjajal Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) bersama Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Indonesia Luhut Panjaitan pada Rabu (6/9) sore.

Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rosan Roeslani mengatakan waktu uji coba masih tentatif. Tetapi, kata Rosan, kemungkinan itu akan dilakukan sore hari.

“Testing bersama itu sebetulnya besok 6 September. Waktunya kurang lebih sore hari, tentatif. Waktunya akan ditentukan lebih mendalam lagi,” kata Roesan dalam konferensi pers Asean-Indo Pacific Forum (AIPF) di Jakarta, Selasa (5/9).

“Jadi sebetulnya besok rencananya dari prime minister China dan juga bersama-sama dengan Pak Menko yang akan melakukan testing dari kereta api cepat. Besok 6 September,” lanjutnya.

Sementara itu, KCJB rencananya akan diresmikan pada 1 Oktober 2023 oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Sebelum peresmian tersebut, uji coba KCJB memang terus dilakukan sampai akhir bulan ini.

Hal tersebut untuk memastikan, saat pengoperasian nanti bisa berjalan dengan lancar tanpa kendala apapun.

KCJB adalah proyek yang memang ditunggu-tunggu oleh masyarakat terutama yang sering melakukan perjalanan ke wilayah Jawa Barat. Sebab, moda transportasi ini diklaim akan memangkas waktu jarak tempuh ke Bandung dari menggunakan mobil sekitar 2 jam menjadi di bawah 1 jam saja.

Terkait tiket, PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) mengusulkan harganya sekitar Rp250 ribu sampai Rp350 ribu untuk sekali perjalanan. Namun, sampai saat ini hal tersebut masih sebatas wacana yang belum difinalkan.

Pemerintah sampai saat ini masih menghitung harga yang tepat untuk KCJB. Diharapkan harga yang nanti dipatok tidak terlalu memberatkan masyarakat maupun APBN.

 

 

 

 

 

 

 

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar : Sindonews.com

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *