Siap-siap! Liburan ke Jepang & India Tak Usah Bawa Dolar Lagi

Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia Destry Damayanti mengatakan penerapan local currency transaction (LCT) akan semakin diperluas ke negara-negara lain di luar Asean. Sejumlah negara segera menyediakan fitur pembayaran transaksi menggunakan uang lokal atau rupiah, yakni Jepang, Arab, Singapura dan India.

“Nanti kita bisa transaksi dengan menggunakan, misalnya QRIS walaupun kita nanti ada di Arab dan Jepang kita bisa gunakan itu,” kata Destry dalam Rapat Kerja Komite IV DPD RI di Kompleks Parlemen DPR, Selasa (5/9/2023).

LCT merupakan transaksi yang memudahkan masyarakat untuk bisa berbelanja di negara tujuan menggunakan mata uang lokal, dalam hal ini rupiah. Transaksi itu tidak hanya mencakup jual-beli retail, namun juga ekspor-impor dan investasi.

Destry mengatakan saat ini LCT telah berlaku di 4 negara yakni Thailand, Malaysia, Jepang dan Tiongkok. Dia mengatakan Korea akan segara bergabung karena sudah meneken nota kesepahaman dengan Indonesia.

Menurut dia, sejumlah negara juga akan segera menyusul menerapkan LCT. Negara tersebut adalah India, Arab dan Singapura. “Akan berkembang ke India, Arab dan Singapura,” kata dia.

Dia mengatakan dengan adanya penerapan LCT di negara-negara tersebut, orang Indonesia juga bisa menggunakan QRIS untuk melakukan pembayaran. Namun, baru ada 3 negara yang telah menyediakan akses penggunanaan QRIS untuk transaksi retail di antaranya Thailand, Singapura dan Malaysia.

Destry berkata penerapan LCT ini juga berlaku di Indonesia. Artinya, turis asing juga bisa menggunakan mata uang negara mereka untuk melakukan transaksi di Indonesia. Dengan penerapan kebijakan ini, dia berharap akan menarik turis asing untuk berkunjung ke dalam negeri. “Mereka tidak usah repot mencari penukaran Rupiah,” katanya.

 

 

 

 

 

Sumber : cnbcindonesia.com
Gambar : Cermati.com

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *