Claude Ruiz, Putra Bungsu Pablo Picasso Meninggal Dunia

Putra bungsu seniman Spanyol Pablo Picasso, Claude Ruiz Picasso, meninggal dunia. Kabar duka itu dikonfirmasi pengacara mereka, Jean-Jacques Neueur pada Kamis (24/8).

Namun, seperti diberitakan AFP, tak ada informasi soal penyebab kematiannya. Ia meninggalkan istri, Sylvie Vautier, dan kedua anak mereka.

Claude Ruiz Picasso merupakan anak laki-laki terakhir yang dimiliki Pablo Picasso. Ia lahir dari hubungan Picasso dengan Francoise Gilot.

Claude juga memiliki saudara perempuan kandung, Paloma Picasso. Kepergian Claude membuat Paloma menjadi satu-satunya anak Picasso yang masih hidup hingga kini.

Paul, putra sulung yang hadir dari pernikahan dengan Olga Khokhlova sudah meninggal pada 1975. Kemudian Maya yang lahir dalam hubungan Pablo Picasso dengan model Marie-Therese Walter sudah meninggal pada 2022.

Ketika masih hidup, Ruiz Picasso sempat aktif sebagai fotografer dan juga sutradara film. Ia juga mengelola properti Picasso sejak 1989 hingga Juli 2023.

Sebelum meninggal, Ruiz Picasso menyerahkan tanggung jawab kepada Paloma untuk mengelola karya-karya yang dimiliki anak-anak serta cucu Picasso.

Ketika Picasso meninggal pada 1973, ia meninggalkan lebih dari 45.000 karya, di antaranya 1.885 lukisan, 1.228 patung, 7.089 gambar, 30.000 cetakan, 150 buku sketsa, dan 3.222 karya keramik.

Dia juga meninggalkan uang tunai jutaan. Secara keseluruhan total properti itu bernilai £650 juta pada saat itu.

Picasso estate memonopoli hak cipta karya Picasso, serta hak reproduksi dan merek dagang. Mereka mengeluarkan sertifikat autentikasi dan melawan pemalsuan, dan secara rutin mengambil tindakan hukum.

 

 

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar : CNN Indonesia

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *