Tyo Nugros Bicara Duo Electro Pop Direct Action

Penabuh drum Setyo Nugroho atau Tyo Nugros membahas grup duo electro popnya, Direct Action, yang dibentuknya bersama Joseph Saryuf.

Direct Action mengeluarkan karya terbaru berupa EP (extended play) atau mini album bertajuk Polydemic di bawah naungan label Sinjitos Collection.

Mini album Polydemic berisi dua lagu tanpa vokal bertajuk “Polydemic” dan “Masonethics”.

“(Lagu) Ini menceritakan kehidupan dari lahir membangun sesuatu dan menghancurkan lagi dan membangun lagi seperti siklus kehidupan, manusia itu secara kehidupan seperti itu,” kata Joseph tentang “Polydemic” dalam jumpa pers di Bluegrass, Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (22/8/2023).

“Polydemic dari dua pola ketukan beda dan lebih dan dijadikan satu, benturan dua ketukan berbeda. Demic dari pendemi karena kita buatnya saat pandemi, buat sesuatu yang mengandung unsur polyrhtym yang kenal di saat pandemi jadinya seperti ini,” timpal Tyo.

Mini album persembahan Tyo dan Joseph ini sudah bisa didengar melalui platform musik digital.

Tyo Nugros lewat Direct Action memperkenalkan sesuatu yang baru tentang dirinya.

Tyo pun mengaku lebih mengeksplorasi musiknya.

“Saya mencoba bermain di segala jenis musik dan di sini saya merasa lebih bisa eksplor di permainan drum saya,” tutur Tyo Nugros.

“Sebenarnya banyak yang menunggu saya untuk main di luar Dewa (19) atau istilahnya turun gunung, apa yang disimpan dikeluarin,” ungkap Tyo lagi.

Dalam kesempatan yang sama, Tyo Nugros juga membahas cedera kaki kanannya.

Diketahui, pada tahun 2003, Tyo pernah mengalami peradangan otot kaki kanan akibat terlalu sering digunakan saat bermain drum.

Tyo sempat menjalani pemulihan selama setahun. Namun pria berusia 52 tahun itu pernah bermain drum hanya dengan satu kaki.

“Soal masalah cedera kaki, saya bermain dengan kaki kiri, kaki kanan skip dulu untuk show,” ujar Tyo.

“Beberapa kali mau satu jam show atau satu jam lebih nonstop saya main pakai kaki kiri dengan berbagai bandnya bermacam-macam selama masa recovery kaki kanan,” tambah Tyo.

Saat ini Tyo bisa menggunakan kaki kanannya secara maksimal.

 

 

Sumber : kompas.com
Gambar : Kompas.com

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *