Kunjungi Hawaii, Biden Janji Bakal Bantu Pembangunan Kembali Wilayah Maui

Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden dan Ibu Negara Jill Biden tiba di Hawaii pada Senin, 21 Agustus 2023. Kunjungannya ini membawa janji untuk membangun kembali wilayah yang hancur akibat kebakaran hutan di Maui.

Setelah mengunjungi Kota Lahaina yang hangus terbakar, Biden mengatakan, pemerintah AS akan mendukung rakyat Maui ‘selama diperlukan’.

“Kami fokus pada langkah berikutnya. Pembangunan kembali untuk jangka panjang dan melakukannya bersama-sama,” kata Biden, dikutip dari DW, Selasa, 22 Agustus 2023.

Hampir dua minggu lalu kebakaran hutan melanda pulau Hawaii, menewaskan sedikitnya 114 orang dan menyebabkan 850 orang hilang.

“Ini akan menjadi hari yang emosional bagi semua orang,” kata juru bicara Gedung Putih Olivia Dalton kepada wartawan di Air Force One.

Banyak penduduk Maui mengatakan bahwa memulihkan orang-orang terkasih yang hilang dan mengidentifikasi korban merupakan proses yang lamban, dan mengkritik pemerintah atas tanggapannya.

Tim pencari telah berhasil mencakup 85 persen dari zona pencarian tetapi 15 persen sisanya bisa memakan waktu berminggu-minggu, kata Gubernur Josh Green di “Face the Nation” CBS.

Deanne Criswell, administrator Badan Manajemen Darurat Federal (FEMA), membela tanggapan pemerintah.

Criswell juga mengakui proses identifikasi korban bisa lambat dan mengatakan para ahli dari FBI, Departemen Pertahanan dan Departemen Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan telah dikirim untuk membantu proses tersebut.

 

 

 

 

 

Sumber : medcom.id
Gambar : Media Indonesia

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *