Terbebani The Fed, Harga Emas Dunia Melandai

Harga emas dunia melemah pada pembukaan perdagangan hari ini. Emas dunia mulai terbebani dengan kembalinya The Fed ke dalam jalur pengetatan moneter dengan kenaikan suku bunga 25 bps.

Melansir Investing.com, Senin, 31 Juli 2023, harga emas dunia XAU/USD turun 0,06 persen atau 0,99 bps ke level USD1.958 per ounce pada pembukaan perdagangan Senin, 31 Juli 2023. Emas bergerak dalam rentang USD 1.958 hingga USD1.960 per ounce.

Harga emas dunia kembali turun merespons kembalinya The Fed ke dalam jalur pengetatan moneter sehari yang lalu dengan kenaikan 25 basis poin untuk bulan Juli, dan janji baru untuk tetap hawkish guna membawa inflasi ke target jangka panjangnya sebesar dua persen.

Kenaikan suku bunga AS menjadi sinyal buruk bagi emas dan logam lainnya, karena meningkatkan biaya peluang untuk memiliki aset yang tidak memberikan yields. Angka Produk Domestik Bruto (PDB) yang kuat membuat emas menghapus semua kenaikan untuk minggu ini, dan emas sekarang diperdagangkan turun sekitar 0,8 persen dalam sepekan.

Emas dunia juga terbebani dengan kenaikan suku bunga 25 bps dari European Central Bank (ECB) yang juga memberi sinyal bahwa dapat berhenti sejenak pada September, perkembangan yang berpotensi dovish ini tetap mendorong dolar beranjak lebih tinggi versus euro dan menambah sisi negatif emas.

 

 

 

 

Sumber : medcom.id
Gambar : Okezone Economy

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *